LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Youtube Shorts Ads: Kenali Cara Buat dan Fungsinya

Giras Utomo

Giras Utomo

SEA Specialist

View case

durasi baca : 9 menit

Dengan popularitas TikTok dan Instagram Reels, video pendek menjadi salah satu format video online yang paling diminati saat ini. Untuk mengikuti tren ini, Youtube juga memperkenalkan Youtube Shorts. Dengan potensinya untuk menjangkau audiens yang luas dalam waktu singkat, Youtube Shorts Ads menjadi salah satu cara efektif dan efisien dalam mempromosikan produk atau layanan.

Menurut CEO YouTube Neal Mohan mengatakan, YouTube Shorts Ads kini menghasilkan lebih dari 70 miliar penayangan setiap harinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu YouTube Shorts Ads, bagaimana cara membuatnya, dan bagaimana kamu dapat mengoptimalkan fungsinya dalam kampanye pemasaran kamu.

Apa Itu Youtube Short Ads?

Youtube Short Ads adalah iklan video singkat yang ditampilkan pada platform YouTube, dirancang khusus untuk format video yang pendek dan cepat. Berbeda dengan video Youtube biasa, YouTube Short Ads memiliki durasi kurang dari 60 detik.

Tujuan utama Youtube Short Ads yaitu untuk menarik perhatian pengguna dalam waktu singkat dan menyampaikan pesan atau promosi secara efektif dalam waktu singkat. YouTube Short Ads juga sering digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan baru, meningkatkan brand awareness, dan membantu menjangkau audiens yang lebih luas.

Kamu bisa melihat salah satu contoh Short Youtube Ads pada gambar dibawah:

Image

Biaya Youtube Shorts Ads

Biaya iklan YouTube Shorts sama dengan iklan YouTube lainnya. Kisarannya adalah sekitar $0,05 (Rp811,24) hingga $0,30 (Rp4867,45), tergantung pada target audiens, persaingan kata kunci, dan faktor lainnya.

Iklan YouTube Shorts dikenakan biaya per tampilan (pay per views), dimana pemilik iklan membayar setiap kali penonton berinteraksi dengan iklan, interaksi dihitung jika:

  • Menonton iklan setidaknya selama 30 detik.
  • Menonton iklan secara penuh (jika durasinya kurang dari 30 detik).
  • Mengklik tautan (link)  di dalam iklan.

Spesifikasi Untuk Youtube Shorts

Untuk membuat Youtube Short, kamu bisa memperhatikan beberapa spesifikasi berikut:

  • Durasi: <60 detik
  • Aspek Rasio: 
  • Vertical content: 9:16
  • Square content: 1:1
  • Resolusi:
  • Vertical content: 1920px x 1080px
  • Square content: 1080px x 1080px
  • Frame rate: 60fp

Jika kamu meng-upload video yang memenuhi spesifikasi ini di YouTube, maka secara otomatis akan dikategorikan ke dalam video Shorts. Kamu dapat melihat preview Youtube Short Ads Shorts kamu dengan mengklik ikon YouTube dari video yang diupload dan pilih “Open In New Tab”. Namun, untuk benar-benar menjalankan kampanye iklan YouTube Shorts, kamu perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Tutorial Membuat YouTube Shorts Ads

Untuk membuat Youtube Shorts Ads, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Masuk ke akun Google Ads kamu.

2. Pilih kampanye iklan

Jika kamu ingin membuat YouTube Shorts Ads, pilih “Create a campaign without a goal’s guidance”.

Image

Kemudian pilih kampanye subtipe “Video view”. Kamu hanya dapat melihat “Shorts ad” di kampanye subtipe ini.

Image

Pilih tujuan iklan yang sesuai dengan tujuan bisnis yang ingin kamu capai.

Image

Pilih jenis iklan “Video”.

Image

3. Siapkan kampanye iklan YouTube Shorts kamu dengan memilih “Ads” pada bagian kiri.

Image

Unggah iklan video kamu dengan cara menyalin (copy) URL iklan YouTube Shorts kamu dan paste di bagian “Your Youtube Video”.

Image

Pastikan iklan kamu memenuhi spesifikasi iklan YouTube Shorts seperti yang disebutkan di atas. Lihat preview iklan, klik tombol “All formats” dan pilih “Shorts”.

Image

4. Terakhir, klik “Create a campaign” untuk menjalankan kampanye iklan YouTube kamu.

Tips Membuat Youtube Shorts Ads

Untuk membuat video Youtube Shorts Ads yang menarik, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

1. Gunakan Musik dan Suara yang Bagus

Penggunaan musik dan suara yang bagus dapat memberikan dampak besar pada kesan keseluruhan iklan kamu. Pilihlah musik yang sesuai dengan nuansa iklan kamu dan mampu membangkitkan emosi atau mood yang ingin kamu sampaikan kepada penonton.

Pastikan juga bahwa suara dan dialog dalam iklan kamu jelas terdengar dan mudah dipahami oleh penonton.

2. Buatlah Video Pendek dan Menarik

Karena durasi iklan YouTube Shorts terbatas, pastikan untuk membuat video kamu pendek namun tetap menarik. Sederhanakan pesan kamu agar dapat disampaikan dengan jelas dalam waktu singkat, namun tetap menarik perhatian penonton selama iklan diputar.

3. Buatlah Thumbnail yang Menarik

Thumbnail atau gambar miniatur iklan kamu adalah hal yang pertama kali dilihat oleh penonton potensial. Pastikan thumbnail kamu menarik dan menggambarkan isi iklan secara jelas.

Gunakan gambar yang kontras dan memiliki elemen visual yang menarik agar thumbnail dapat berbeda dengan konten lainnya, serta mendorong penonton untuk menonton video kamu.

4. Integrasikan Beberapa Tren

Pantau tren terbaru di platform YouTube dan media sosial lainnya, lalu coba untuk mengintegrasikannya ke dalam iklan kamu.

Misalnya, jika ada tren tertentu yang sedang populer di kalangan penonton kamu, pertimbangkan untuk menggabungkannya ke dalam iklan kamu agar lebih relevan dan menarik bagi penonton.

Dengan mengikuti tren yang sedang berkembang, kamu dapat menjaga konten kamu tetap segar dan menarik perhatian penonton potensial.

Tertarik Membuat Youtube Shorts Ads?

Itulah beberapa pembahasan mengenai Youtube Shorts Ads yang perlu dipahami oleh setiap pemilik bisnis, iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian pengguna dalam waktu singkat dan menyampaikan pesan atau promosi secara efektif dalam waktu singkat.

Jika kamu membutuhkan bantuan dalam membuat dan mengoptimalkan YouTube Shorts Ads kamu, Whello Indonesia siap membantu. Sebagai penyedia jasa Google Ads dan jasa iklan media sosial yang berpengalaman, Whello dapat membantu kamu membuat iklan yang menarik dan efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja bisnis.

Ads Specialist Whello menguasai seluruh layanan Google Ads untuk optimasi campaign, menghemat budget, dan menghasilkan ROI yang lebih baik. Tunggu apa lagi? Isi form konsultasi dibawah atau klik button WhatsApp yang ada di website.

Image

Frequently Asked Questions

YouTube Shorts Ads adalah jenis iklan video singkat yang ditampilkan di platform YouTube, dirancang khusus untuk format pendek dan cepat.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Giras Utomo

SEA Specialist

Kenalin aku Giras Utomo, SEA Specialist di Whello yang jago banget nyusun strategi iklan biar bisnis klien bisa tumbuh maksimal. Yuk belajar iklan!

Lees meer over Giras