LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

10 Tips SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Website

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 3 menit

Mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google merupakan keinginan setiap pemilik website (blog). Dengan teknik optimalisasi SEO yang tepat, akan membantu meningkatkan posisi website kamu di hasil pencarian Google.

Jika website kamu sudah berada pada posisi yang bagus, visibility kamu akan meningkat. Itu artinya trafik kamu akan bertambah, conversion rate kamu juga akan meningkat, dan akhirnya membantu kamu untuk mendapatkan revenue.

Tips SEO Untuk Mengkatkan Peringkat Website

Ada 10 tips SEO tips untuk meningkatkan peringkat website.

1. Tentukan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci (keyword) menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kualitas optimalisasi SEO sebuah website. Semakin tepat kata kunci yang kamu gunakan, maka semakin mudah pula website kamu ditemukan pada mesin pencarian.

Nah untuk menemukan kata kunci yang tepat, terlebih dahulu kamu perlu melakukan riset keyword. Hal ini akan membantumu menemukan kata kunci yang relevan dengan pembaca.

Ada 5 indikator riset keyword yang perlu kamu perhatikan:

A. Volume Pencarian

Volume pencarian adalah banyaknya pencarian sebuah kata kunci dalam waktu tertentu (misalnya dalam waktu satu bulan atau satu tahun).

B. Tingkat Kesulitan Keyword

Menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada pada halaman pertama hasil pencarian Google.

C. Saran Kata Kunci

Yaitu kumpulan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu riset.

D. SERP (Search Engine Result Page)

Menunjukkan halaman-halaman website yang menduduki 10 peringkat teratas di hasil pencarian mengenai sebuah kata kunci yang kamu riset.

E. Search Intent

Yaitu maksud yang diinginkan para pencari (user) mengenai sebuah kata kunci.

Untuk melakukan riset keyword, kamu bisa menggunakan beberapa tools, diantaranya Google Keyword PlannerKWFinder, atau Google Suggest. Sebelum menggunakannya, kamu bisa menemukan cara menggunakan tiga tools tersebut pada artikel sebelumnya mengenai cara mudah temukan kata kunci yang tepat.

2. Buat Konten yang Informatif

Ketika seseorang melakukan pencarian pada mesin pencari, tentu mereka membutuhkan informasi yang lengkap untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Google juga akan menilai website kamu memenuhi kebutuhan pengguna dan mulai mengutamakan konten-konten yang kamu buat untuk ditampilkan pada posisi yang bagus.

Itulah kenapa sangat penting untuk membuat konten yang bersifat informatif dan lengkap.

Selain informatif, konten yang kamu buat juga harus relevan dengan bisnis (niche website). Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang fashion, maka kamu bisa membuat konten (artikel) mengenai tips memilih size baju ketika belanja online atau konten lain yang berkaitan dengan fashion.

Baca juga: Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly

3. Optimalisasi Meta Tag

Untuk meningkatkan peringkat website, kamu juga perlu melakukan optimalisasi meta tag.

Meta tag adalah strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag akan memberitahu mesin pencari (Google) mengenai konten yang ada pada website kamu.

Saat melakukan optimalisasi meta tag, ada tiga jenis meta tag yang perlu dioptimalisasi.

A. Meta Title (Tag Title)

Meta title adalah judul halaman website yang muncul di hasil pencarian Google.

B. Meta Description

Meta description adalah tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai isi halaman website.

C. Meta Keyword

Meta keyword adalah informasi keyword atau kata kunci yang digunakan oleh sebuah website.

Bagaimana cara optimalisasi ketiga jenis meta tag diatas? Kamu bisa temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis meta tag untuk SEO.

4. Pasang Google Analytics

Google Analytics adalah tools yang digunakan untuk mengetahui data pengunjung yang berkunjung ke website kamu. Mulai dari jumlah pengunjung yang mengunjungi website, halaman mana yang paling banyak menghasilkan conversion, halaman mana yang kurang maksimal, dan informasi lainnya.

Baca juga artikel 9 istilah di Google Analytics untuk mengetahui istilah-istilah penting saat menggunakan tools ini.

5. Tambahkan Website ke Google Search Console

Google search console adalah tools yang digunakan untuk memonitoring bagaimana kinerja sebuah website.

Tools ini memungkinkan kamu untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website kamu (reffering domain), mengetahui kinerja website di perangkat mobile, hingga menganalisis halaman website dengan trafik yang paling tinggi.

6. Lakukan SEO Off Page

SEO Off Page adalah teknik SEO yang dilakukan diluar website. Teknik ini juga akan membantu meningkatkan peringkat website, karena akan membuat banyak orang mengetahui atau berkunjung ke website kamu.

Untuk melakukan SEO Off Page, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Manfaatkan postingan di media sosial dan forum (Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya).
  • Lakukan link building dan guest blogging.
  • Tinggalkan komentar dan testimoni di website lain.
  • Manfaatkan social bookmark atau article directory.

4 poin diatas telah dibahas pada artikel 4 tips sukses melakukan SEO Off Page, pada artikel tersebut kamu bisa menemukan cara melakukan link building atau cara memanfaatkan social bookmark.

7. Buat Sitemaps

Sitemaps adalah daftar semua halaman website yang bisa di akses oleh pengunjung dan mesin pencari.

Dengan membuat sitemaps, website kamu akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat terindeks. Sitemaps juga akan memberitahu mesin pencari ketika terjadi perubahan struktur di website.

Ada dua jenis sitemaps:

A. Sitemaps XML

Sitemap XML adalah sitemap yang diakses oleh mesin pencari.

B. Sitemaps HTML

Sitemap HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.

Berikut contoh sitemaps dalam sebuah website:

Image

8. Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan (loading) website juga menjadi salah satu hal yang berpengaruh untuk meningkatkan peringkat website. Google mengatakan, pengguna internet akan meninggalkan sebuah website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Neil patel juga mengatakan, 79% orang akan kecewa dengan website yang memiliki loading yang lama dan akan kembali lagi ke website tersebut.

Itulah sebagai pemilik website sangat penting untuk memperhatikan kecepatan website. Selain mempengaruhi peringkat website, kecepatan website juga akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke website kamu.

Baca juga: 3 Tools Untuk Mengecek Kecepatan Website

9. Memaksimalkan Internal Link

Internal link adalah link yang mengarah dari suatu halaman ke halaman lain dalam satu website yang sama.

Internal link juga memegang peranan penting dalam optimalisasi SEO. Internal link membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman dalam sebuah website. Google akan memberikan penilaian yang bagus terhadap website yang kontennya saling berhubungan.

Selain itu, internal link juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di website kamu. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain.

Semakin banyak internal link dalam sebuah website, semakin banyak pula halaman yang dikunjungi oleh pengunjung website.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Internal Link

10. Update Konten Lama

Membuat konten baru memang langkah yang bagus, namun bukan berarti kamu mengabaikan konten-konten yang sudah kamu buat sebelumnya (konten lama). Bisa jadi konten-konten tersebut merupakan sumber trafik yang besar.

Ada juga konten lama yang mungkin performanya masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, ketika melakukan optimalisasi SEO, kamu juga perlu mengevaluasi konten-konten yang lama.

Kamu bisa memanfaatkan tools Google Search Console untuk mengevaluasinya. Update beberapa konten yang performanya masih perlu ditingkatkan.

Tingkatkan Peringkat Website Kamu Di Mesin Pencarian!

Demikian 10 tips yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan optimalisasi SEO untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian Google. Jika ada pertanyaan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ya.

Dan jika kamu mempunyai kesulitan atau masalah dalam optimalisasi SEO, maka Whello sebagai layanan agensi digital marketing menyediakan jasa SEO dapat membantu kamu dalam pengembangan internet marketing dan optimalisasi SEO sesuai dengan keyword yang kamu targetkan untuk website kamu. Segera hubungi contact center Whello untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan