LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

5 Tips Digital Marketing yang Efektif Untuk Bisnis Hotel Kamu

Yuda Pramudyatama

Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

View case

durasi baca : 2 menit

Hotel merupakan bisnis hospitality yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang di berbagai daerah, misalnya ketika berlibur mereka lebih memilih menginap di hotel dibandingkan menginap di rumah karib kerabat mereka.

Selain itu, hal ini juga didorong oleh media online yang mempermudah mereka untuk mendapatkan informasi atau pemesanan hotel. Buktinya saja, banyak aplikasi online yang menyediakan informasi pemesanan hotel, seperti Traveloka, Airy, PegiPegi, dan lain-lain.

Hingga saat ini, bisnis hotel di dunia online juga semakin hangat dibicarakan, sehingga bisnis kamu akan mendapatkan lebih banyak kompetitor yang mungkin saja bisa lebih unggul dibandingkan bisnis hotel kamu.

Maka dari itu, digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang tepat untuk bisnis kamu. Digital marketing dapat membuat bisnis kamu lebih unggul dari para kompetitor, serta mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Berikut 5 tips digital marketing yang efektif untuk bisnis hotel:

1. Buat Website

Website merupakan salah satu media online yang mempermudah calon pelanggan untuk mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai bisnis hotel kamu. Kamu dapat menampilkan berbagai informasi seperti lokasi, biaya, fasilitas, harga, live chat, bahkan pemesanan hotel.

Website juga dapat meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) calon pelanggan terhadap bisnis hotel kamu. Mereka akan beranggapan bisnis kamu dapat dipercaya.

Selain itu, website juga menjadi media promosi yang efektif untuk bisnis hotel kamu, website bekerja selama “24 jam” penuh, bisa diakses dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun. Tentunya hal ini akan membuat kamu mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak bukan?

2. Optimalisasi Mesin Pencari

Setelah membuat website, kamu juga harus melakukan optimalisasi mesin pencari, tujuannya agar website kamu mudah ditemukan pada mesin pencari. Ada tiga cara optimalisasi yang bisa kamu lakukan, yaitu SEO, SEA, dan SEM.

SEO (Search Engine Optimization) yaitu upaya yang dilakukan dengan mengoptimalisasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian, dan SEO dapat dilakukan secara organik (gratis).

SEA (Search Engine Advertising) optimalisasi mesin pencari dengan cara memasang iklan berbayar dan langsung menampilkannya di halaman mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Sedangkan SEM yaitu singkatan dari Search Engine Marketing. Bisa dikatakan SEO dan SEA merupakan kategori dari SEM. Jika SEO hanya mengoptimalisasi website secara organik, dan SEA mengoptimalisasi website melalui iklan yang berbayar, maka SEM memastikan kedua usaha optimalisasi SEO dan SEA berjalan secara optimal.

Untuk lebih mengenal ketiga perbedaan optimalisasi mesin pencarian di atas, kamu dapat membaca artikel mengenai perbedaan SEO, SEA, dan SEM. Kamu juga bisa menggunakan salah satu service Whello yaitu jasa SEO.

3. Lakukan Sosial Media Marketing

Social media marketing merupakan salah satu metode promosi online yang memanfaatkan platform media sosial. Melalui media sosial, kamu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan untuk menginap di hotel kamu.

Ada beberapa sosial media yang terkenal di Indonesia yang bisa kamu gunakan, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain.

Untuk menghindari kesalahan saat melakukan media sosial marketing, ada 7 tips media sosial marketing yang harus kamu ketahui:

  • Riset pelanggan.
  • Buat goals atau tujuan yang jelas.
  • Analisis kompetitor.
  • Buat konten yang relevan dan menarik.
  • Tentukan waktu posting media sosial yang tepat.
  • Manfaatkan ads.
  • Lakukan evaluasi.

Mengenai 7 tips diatas, alangkah baiknya jika kamu membaca artikel mengenai 7 tips sukses melakukan social media marketing, supaya kamu lebih paham dalam hal ini.

Baca juga: 4 Tren Media Sosial Marketing 2019

4. Buat Content Marketing

Content marketing merupakan strategi marketing yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian pembaca sehingga membuat mereka tertarik menggunakan suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan menyediakan konten yang berkualitas pada website atau media sosial, maka akan membuat bisnis hotel kamu mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Ketika melakukan content marketing, ada 5 strategi content marketing yang harus kamu ketahui:

  • Tentukan Tujuan Marketing.
  • Tentukan Buyer Persona.
  • Buat Konten yang Berkualitas dan Sesuai Tren.
  • Distribusikan Konten.
  • Evaluasi Konten.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 5 strategi diatas, kamu bisa membaca pada artikel 5 Strategi Content Marketing Untuk Bisnis Kamu

5. Buat Video Marketing

Video marketing merupakan suatu metode pemasaran bisnis yang menggunakan konten video. Video marketing menjadi strategi pemasaran yang paling disukai oleh calon klien sebelum menggunakan suatu produk atau jasa.

Peran video sebagai salah satu strategi pemasaran online untuk hotel cukup penting. Hal ini dikarenakan materi visual dalam bentuk video akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan nyata untuk calon pelanggan.

Melalui video marketing, kamu dapat memperlihatkan berbagai informasi mengenai hotel kamu, misalnya fasilitas hotel yang disediakan atau pemandangan di sekitar hotel.
Sebelum membuat video marketing, ada 5 cara mudah membuat video marketing yang harus kamu ketahui:

  • Evaluasi Konten yang Kamu Butuhkan.
  • Buat Rancangan Video.
  • Rekam dan Sunting Video Kamu.
  • Lakukan SEO Video.
  • Pilih Tempat Pemasaran Video yang Tepat.

Dan berikut salah satu contoh video marketing untuk pada sebuah bisnis hotel:

Bron: Hotel Grand Tjokro Yogyakarta
Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

Hai, perkenalkan namaku Yuda, Digital Marketing Consultant di Whello Indonesia. Yuk bareng-bareng belajar digital marketing lebih dalam!

Lees meer over Yuda