LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

10 Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Sylvia Paramitha

Sylvia Paramitha

Copywriter

View case

durasi baca : 2 menit

Media sosial sudah menjadi media pemasaran yang banyak digunakan saat ini. Apalagi di era digital ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis online. Sehingga pengetahuan tentang media sosial marketing ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, terutama mereka yang sedang menjalankan bisnis online. Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk melakukan pemasaran di media sosial. Baik untuk bisnis dalam skala besar maupun bisnis skala kecil.

Mengapa penting? Karena saat ini social media marketing masih menjadi strategi marketing yang paling efisien dan worth-it. Dan tidak mengenal skala bisnisnya, bisnis yang sifatnya masih jutaan pun bisa langsung menggunakan sosial media marketing. Contohnya adalah dengan menggunakan jasa iklan facebook dan jasa iklan instagram .

Untuk bisnis skala besar, biasanya mereka sudah memiliki konsumen tetap dari setiap produknya. Namun untuk bisnis skala kecil, biasanya mereka masih memerlukan banyak usaha untuk mendapatkan banyak konsumen. Oleh karena itu, mereka sangat perlu mempelajari strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil. Sehingga mereka bisa menarik banyak konsumen melalui media sosial.

Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Bagi bisnis skala kecil yang masih berada dalam tahap perkembangan, menggunakan media sosial dalam pemasaran bisnis bisa memberikan banyak manfaat dan keuntungan. Berikut ini merupakan strategi media sosial marketing untuk bisnis berskala kecil.

1. Strategi Media Sosial Marketing dengan Membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di media sosial tidaklah serumit yang dibayangkan. Kamu tidak harus memiliki banyak pengikut atau followers, tapi hanya perlu menghubungkan bisnis kamu dengan orang-orang yang tepat.

Kamu bisa memulai proses ini dengan membangun brand awareness. Hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun brand awareness yaitu dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis kamu.

Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis kamu dengan menggambarkan identitas brand  secara visual. Kamu juga harus mendesain tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis kamu. Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, kamu juga bisa meminta bantuan kepada desain profesional untuk mendesainkan blog dan website kamu agar lebih menarik.

Baca juga: Marketing Funnel untuk Bisnis Kamu Semakin Sukses

2. Menarik Pelanggan Potensial

Strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil juga bisa dilakukan melalui Facebook dan Instagram. Media sosial ini bisa kamu gunakan untuk menarik calon pelanggan baru.

Sebelum melakukan media sosial marketing malalui Facebook, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memastikan setup seotagging pada page Facebook dengan benar. Setelah itu kamu bisa mengajak teman-teman Facebook untuk menjadi konsumen potensial kamu.

3. Membangun Relasi di Media Sosial

Koneksi merupakan hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang bagus akan memudahkan langkah kamu untuk melakukan pemasaran produk. Sehingga, kamupun harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mulai membangun jaringan dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen kamu.

Baca juga: Strategi Social Listening untuk Pahami Audiens

4. Membagi Konten yang Diakurasikan

Media sosial merupakan salah satu tempat dimana akurasi sebuah konten memiliki nilai yang sangat penting. Sehingga kamu harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang. Proses akurasi sebuah konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website yang nantinya akan kamu bagikan di media sosial.

Kamu harus bisa memilih konten yang berkualitas dan bermanfaat. Mengakurasikan suatu konten sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu dapat meningkatkan rangking SEO pada mesin pencari, membangun bisnis dengan baik, meningkatkan keterlibatan pada media sosial dan menambah jumlah followers.

5. Membuat Konten yang Valuable

Strategi pemasaran media sosial dikatakan efektif apabila bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri. Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan traffic terhadap website kamu. Website akan dikunjungi lebih banyak pembaca, sehingga bisa memperoleh review yang lebih baik.

Kamu harus bisa memastikan bahwa setiap bagian konten yang kamu buat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengulang untuk mengunjungi website kamu. Ciri konten yang valuable yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan memposting konten yang valuable, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, para influencer akan merekomendasikan konten bisnis kamu serta membuka peluang bagi bisnis kamu untuk bisa diliput oleh media.

6. Menggunakan Gambar yang Baik dan Menarik

Penggunaan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa kamu gunakan ketika membuat gambaran bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.

7. Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik

Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat hashtag menarik terhadap bisnis kamu. Hashtag tersebut bisa kamu gunakan untuk melacak interaksi dengan pelanggan kamu.

8. Berpartisipasi Dalam Kelompok dan Komunitas Online

Kamu juga bisa bergabung dengan kelompok dan komunitas online. Di komunitas ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang kamu jalankan. Di sini kamu juga dapat bertanya mengenai solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang kamu alami. Selain itu, kamu juga bisa menularkan pengetahuan bisnis yang kamu punya ke anggota komunitas yang lain.

9. Menggunakan Media Sosial Sebagai Ruang Untuk Mengadakan Percakapan yang Menarik

Tidak hanya bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang berguna, tetapi media sosial juga membantu kamu untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Kamu juga bisa menyimpan dokumentasi dari semua aktivitas penting di media sosial.

10. Batasi Platform Media Sosial Kamu

Salah satu tips yang juga penting untuk diperhatikan oleh bisnis skala kecil yaitu menemukan beberapa platform sosial media, di mana kamu bisa membangun eksistensi yang kuat di sana. Banyaknya platform yang tersedia akan membuat kamu sulit untuk membangun keberadaan yang kuat di setiap platform. Menggunakan banyak sosial media tanpa adanya fokus yang jelas juga akan sangat membuang waktu karena tidak akan memberikan hasil apapun.

Tidak ada kegunaannya, jika Anda menghabiskan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk berinvestasi ke dalam sebuah platform yang hanya sedikit penggunanya. Kamu bisa memaksimalkan usaha di platform mana kamu tahu bahwa pelanggan kamu banyak yang terlibat di dalamnya.

Bagaimana Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Kamu?

Media sosial adalah platform yang sangat penting bagi bisnis kecil untuk membangun basis pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan. Dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran, kamu harus memahami strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi bisnis kamu. Dengan membangun basis pelanggan yang solid, menciptakan strategi posting yang efektif, berinteraksi dengan pengikut, dan mengukur kinerja, kamu dapat meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan bisnis kamu melalui media sosial.

Namun, membuat strategi pemasaran media sosial yang tepat dan efektif memerlukan waktu, usaha, dan pengetahuan yang cukup. Oleh karena itu, banyak bisnis memilih untuk menggunakan jasa iklan sosial media sosial yang ditawarkan oleh agensi digital marketing seperti Whello Indonesia.

Jasa sosial media marketing oleh Whello adalah solusi terbaik untuk membantu bisnis kamu dalam membangun kehadiran di media sosial dan meningkatkan pertumbuhan bisnis kamu. Dengan tim yang berpengalaman, strategi pemasaran yang disesuaikan, dan pengukuran kinerja yang efektif, Whello dapat membantu kamu mencapai tujuan bisnis kamu dengan mudah. Hubungi kontak Whello untuk berdiskusi secara gratis dan dapatkan informasi penting lainnya.

Image

Frequently Asked Questions

Sosial Media Markering adalah suatu proses pemasaran platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Sylvia Paramitha

Copywriter

Hai! Kenalin aku Sylvia Paramitha, copywriter alias orang dibalik kata-kata kreatif di Whello Indonesia. Yuk kenalan!

Lees meer over Sylvia