LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

SEO Shopify: Cara Optimasi SEO untuk Website Berbasis Shopify

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Shopify menyertakan beberapa fitur SEO-friendly, tetapi masih banyak lagi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peringkat website. Meskipun SEO Shopify bergantung pada keyword, meningkatkan peringkat situsmu membutuhkan lebih dari sekadar memasukkan beberapa kata kunci ke dalam konten.

Dalam panduan SEO Shopify ini, kamu akan mengetahui 8 cara mengoptimasinya. Sehingga akan membantumu menguasai SEO untuk toko Shopify dan mendapatkan peringkat pertama!

Pengertian Shopify

Shopify merupakan e-commerce pembuat situs web berbayar yang dapat kamu gunakan untuk membuat toko online yang menyertakan fitur untuk mengelola produk, penetapan harga, inventaris, pembayaran, dan pengiriman.

Cara Menggunakan Shopify

Jika pemilik bisnis tidak memiliki keahlian dalam pemrograman situs web tetapi masih ingin membangun toko online sendiri, mereka dapat menggunakan platform ini dan menggunakan jasa SEO shopify.

Kamu dapat mendaftarkan bisnismu di situs resmi Shopify untuk menggunakan layanan ini. Setelah itu, dengan menggunakan dasbor yang tersedia, kamu dapat membuat situs web toko online.

Tiga paket yang disediakan Shopify adalah Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify. Sebelum mencoba menggunakan kesempatan uji coba secara resmi, kamu memiliki waktu 14 hari untuk mencobanya.

Keuntungan Shopify

Sebelum mengetahui cara optimasi SEO Shopify, kamu juga perlu mengetahui keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan Shopify, yakni:

1. Mudah dalam Manajemen Toko

Kemudahan dalam manajemen toko Shopify adalah manfaat yang pertama. Sebab, Shopify mempunyai fitur manajemen toko yang fleksibel.

Melalui fitur ini, kamu dapat memantau pesanan secara langsung melalui aplikasi. Selain itu, kamu juga dapat mengunggah produk dan menyelesaikan tugas lainnya hanya dengan menggunakan smartphone.

2. Bantuan 24/7

Jika kamu mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Shopify, kamu tidak perlu khawatir. Karena Shopify menawarkan dukungan 24 jam penuh melalui obrolan terbuka, email, dan panggilan telepon.

3. Pembuat Toko Online yang Mudah

Banyak orang percaya bahwa membangun situs web itu sulit. Namun, Shopify ada di sini untuk mematahkan pemikiran tersebut. Pengguna dapat dengan mudah membuat situs web toko online berkat fitur drag and drop Shop Builder. Semuanya dapat dibangun dalam satu malam saja.

4. Uji Coba Gratis 14 Hari

Sebelum berlangganan penuh, kamu dapat menggunakan Shopify ini dengan memanfaatkan opsi uji coba gratis selama 14 hari. Jadi, setelah masa uji coba berakhir, kamu dapat terus membayar langganan atau membatalkannya.

5. Memiliki Banyak Tema

Kamu dapat menggunakan tema situs web Shopify untuk mendesain toko online-mu. Sehingga toko online terlihat lebih menonjol dari pesaing. Kamu dapat menggunakan lebih dari 100 variasi tema berbeda yang tersedia di Shopify.

Cara Optimasi SEO Shopify

Situs web harus menyertakan SEO atau Search Engine Optimization, agar mesin pencari dapat dengan mudah menemukannya. Selain website seperti WordPress ataupun Blogspot, SEO juga diterapkan pada website e-commerce seperti Shopify. Berikut beberapa tips SEO shopify yang bisa kamu gunakan:

1. Gunakan Keyword yang Eye-Catching

Cara optimasi SEO Shopify yang pertama adalah menggunakan kata kunci yang eye-catching untuk menarik calon pelanggan dan meyakinkan mereka untuk membeli produkmu.

Sebagai ilustrasi, kamu memasarkan jaket varsity di Shopify. Jadi, kamu dapat memasukan beberapa kata kunci dan frasa seperti “beli jaket varsity”, “jaket varsity murah”, atau “jaket varsity asli”.

2. Masukkan Keyword dalam Konten Halamanmu

Ketika mengoptimasi SEO Shopify, kamu harus memiliki beberapa keyword yang ingin kamu fokuskan. Langkah selanjutnya ketika melakukan optimasi adalah mempermudah crawler Google untuk menemukan halamanmu menggunakan keyword tersebut.

Namun, kamu harus terlebih dahulu memilih halaman mana yang ingin kamu tambahkan kata kunci. Tempat terbaik untuk memasukan keyword SEO Shopify adalah di bagian homepage, halaman produk, dan halaman kategori produk.

Bagian halaman mana yang harus kamu tambahkan kata kunci dengan tepat? Lokasi yang ideal mencakup judul halaman, deskripsi meta, konten isi halaman, dan teks alternatif gambar.

3. Gunakan Internal Link untuk Menghubungkan Kontenmu

Link internal memainkan peran kunci dalam optimasi SEO Shopify. Di setiap halaman situs web, kamu dapat menggunakan link internal untuk menghubungkan konten yang relevan dan saling berkaitan.

4. Tingkatkan Navigasi di Situs Web-mu

Cara berikutnya untuk optimasi SEO Shopify adalah memiliki navigasi web yang jelas. Kemudahan navigasi adalah salah satu faktor yang dilihat Google sebelum memberi peringkat pada sebuah situs web. Karena situs web yang mudah digunakan memiliki user engagement yang lebih tinggi dan akibatnya bounce rate menjadi lebih rendah.

Jadi, struktur navigasi yang baik akan mendorong pengguna untuk tinggal di situs web-mu lebih lama. Selain itu, navigasi yang baik dapat meningkatkan peringkat toko Shopify-mu secara signifikan.

Tempat yang ideal untuk meningkatkan struktur navigasimu adalah di beranda atau homepage. Pastikan produk mudah ditemukan dari homepage-mu.

5. Buat Backlink untuk Toko Shopify-mu

Optimasi SEO Shopify berikutnya adalah membangun backlink. Backlink sendiri merupakan tautan yang mengarah ke situs web-mu dari website lain.

Kamu bisa mulai membuat backlink selain internal link untuk meningkatkan kualitas website-mu di mata Google. Kamu dapat menggunakan strategi pemasaran untuk berbagi tautan dengan mitra bisnismu untuk meningkatkan peringkat SEO-mu.

6. Mempercepat Situs Web Shopify

Kecepatan yang rendah adalah salah satu kritik yang akan sering kamu dengar terhadap Shopify. Namun, kinerja Shopify cukup baik dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya.

Agar bisa mempercepat web, kamu dapat mencoba melakukan beberapa cara. Seperti memperkecil ukuran gambar sebelum diunggah, menggunakan format JPEG, dan kurangi jumlah aplikasi yang terpasang di dalam website.

7. Manfaatkan Ulasan Pengguna

Google menyukai situs web yang memiliki konten original, upgrade dengan konsisten, terdapat aktivitas, dan memiliki ulasan kepuasan pelanggan. Selain itu, testimonial pelanggan di situs web-mu dapat berkontribusi pada beberapa penjualan dan dapat mengoptimasi SEO website Shopify-mu.

8. Manfaatkan Shopify Blog

Kamu dapat menambahkan halaman blog ke situs web-mu selain mengoptimalkan halaman produk untuk meningkatkan kepadatan kata kunci dalam optimasi SEO Shopify. Semakin relevan dan beragam pilihan kata kuncimu, semakin banyak orang akan mengunjungi situs web.

Kamu dapat membuat konten seputar keyword yang kamu targetkan untuk hasil terbaik. Misalnya, jika kamu menjual baju oversize, posting blog dengan judul berikut bisa sangat berhasil:

  • 10 Ide Pakaian dengan Baju Oversize Terbaik
  • Cara Mix and Match Baju Oversize Anda untuk Pergi ke Pesta
  • 5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Baju Oversize

Siap Terapkan Cara Optimasi SEO Shopify untuk Website?

Itulah 8 cara mengoptimasi SEO Shopify untuk website-mu. Jika kamu mengikuti 8 cara dalam panduan Shopify SEO tips di atas dengan baik, maka website berpotensi besar untuk dapat naik peringkat di hasil pencarian dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat!

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan