LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Strategi SEO Internasional untuk Jangkau Audiens Skala Global

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Dalam era globalisasi saat ini, bisnis tidak lagi terbatas pada pasar lokal. Menjangkau pasar internasional telah menjadi langkah yang umum diambil oleh banyak perusahaan. Dalam upaya tersebut, strategi SEO internasional menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing di pasar global.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu strategi SEO internasional, manfaatnya, cara membuat strategi yang baik, dan teknik optimasi teknikal yang diperlukan untuk menjalankannya.

Apa itu SEO Internasional?

SEO Internasional adalah proses meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk berbagai bahasa dan negara. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens internasional dengan konten mereka. Dan mengarahkan traffic organik dari lokasi geografis yang berbeda.

Strategi SEO internasional menggabungkan kebijakan, proses, dan praktik yang digunakan brand kamu untuk mengoptimalkan konten pencarian untuk negara lain.

Strategi SEO internasional untuk website berfokus pada pembuatan konten yang dapat diterapkan pada pasar global dan mengembangkan struktur website yang memudahkan mesin telusur untuk menemukan dan menayangkan halaman website  yang tepat kepada pengguna yang tepat pada waktu yang tepat.

Manfaat Strategi SEO Internasional

Menerapkan strategi SEO internasional tidak hanya sekedar suatu langkah, tetapi sebuah keputusan strategis yang dapat membawa berbagai manfaat signifikan bagi pertumbuhan bisnis.

Dengan memahami dan mengoptimalkan website untuk audiens global, perusahaan dapat meraih keuntungan yang lebih besar, meningkatkan visibilitas brand, dan membuka pintu peluang baru di pasar internasional. Berikut beberapa manfaat lain yang perlu diketahui :

A. Meningkatkan Visibilitas dalam Skala Global

Mengoptimalkan konten kamu untuk berbagai wilayah membantu mesin telusur memahami mengapa konten website kamu relevan dan berharga bagi pengguna di wilayah tersebut. Dan meningkatkan peluang kamu untuk muncul di SERP lokal untuk kueri yang relevan.

B. Memperluas Jangkauan Pelanggan

SEO internasional memungkinkan untuk memperluas jangkauan kamu dan menempatkan brand di depan audiens baru di seluruh dunia. Jika pesaing kamu belum melakukan hal yang sama, kamu akan mendapatkan keunggulan kompetitif di setiap pasar baru yang kamu masuki dimana mereka tidak ada.

Kamu dapat dengan cepat mengidentifikasi apakah pesaing utama menargetkan pasar yang sama melalui SEO dengan memasukkan domain mereka ke dalam Ikhtisar Kata Kunci dan mengatur basis data ke target pasar baru kamu.

Cara Membuat Strategi SEO Internasional yang Baik

Membangun strategi SEO internasional yang baik memerlukan pemahaman mendalam terhadap kompleksitas pasar global. Dalam membuka pintu menuju audiens internasional, langkah-langkah strategis dan penyesuaian yang cermat perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa strategi SEO internasional yang baik :

1. Melakukan Riset Pasar Menyeluruh

Untuk memahami perilaku pencarian audiens baru dan menyesuaikan strategi SEO kamu, perlu dilakukan riset pasar menyeluruh untuk wilayah tersebut. Dan riset lanskap kompetitif untuk mengetahui bagaimana pesaing kamu melakukan pendekatan SEO di pasar tertentu.

Kamu dapat menggunakan Market Explorer Semrush untuk menemukan pesaing kamu di pasar tertentu, mempelajari audiens, menemukan peluang kata kunci, dan banyak lagi.

2. Mengidentifikasi Keywords Target

Temukan kata kunci yang digunakan audiens baru kamu untuk menemukan informasi tentang topik yang relevan dengan bisnis kamu. Penelitian kata kunci kamu harus mempertimbangkan variasi bahasa, nuansa budaya, dan perilaku pencarian spesifik di pasar global.

Menganalisis kata kunci pesaing dapat membuka peluang bisnis yang berharga dan mengungkap query yang mendorong traffic dan konversi untuk pesaing kamu.

3. Sesuaikan Konten Dengan Preferensi Budaya dan Wilayah

Konten khusus wilayah harus memperhatikan nilai-nilai unik, gaya komunikasi, dan norma budaya audiens. Ini berarti melokalkan konten kamu, bukan hanya menerjemahkannya. Penerjemahan melibatkan pengubahan konten dari satu bahasa ke bahasa lain dengan tetap mempertahankan makna aslinya. Hal ini berfokus pada keakuratan.

Konten yang sesuai dengan preferensi budaya dan wilayah bertujuan untuk beradaptasi dengan preferensi dan ekspektasi audiens tertentu. Konten ini dapat berkontribusi pada keterlibatan pengguna yang lebih tinggi karena konten lebih mungkin beresonansi dengan audiens. Hal ini juga dapat membantu membangun reputasi brand yang positif di pasar yang baru.

4. Membuat Link yang Relevan

Mendapatkan backlink dari website yang memiliki reputasi baik di pasar baru kamu dapat membantu peringkat website kamu lebih cepat. Dan mengarahkan traffic ke halaman regional kamu.

Untuk menarik backlink dari situs yang relevan secara lokal, konten kamu harus beresonansi dengan audiens lokal. Tidak sembarang konten akan berhasil jika gambar dan statistik yang disertakan tidak relevan dengan audiens lokal.

Baca juga: Pentingnya Halaman “About Us” untuk SEO dan Branding

Cara Optimasi Teknis untuk Menjalankan Strategi SEO Internasional

Menangani aspek teknis SEO dapat memastikan bahwa mesin pencari dapat merambat dan mengindeks konten international kamu dengan tepat. Tindakan ini dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas website kamu di wilayah target yang dituju, berikut beberapa cara nya :

A. Menerapkan URL Khusus Wilayah

URL yang dilokalkan membantu pengguna mengenali bahwa konten kamu relevan bagi mereka. Serta membantu mesin pencari memahami untuk siapa konten kamu ditujukan.

B. Menerapkan Tag Hreflang

Tag hreflang adalah atribut HTML yang dapat kamu gunakan untuk memberi tahu mesin pencari tentang penargetan bahasa dan wilayah halaman web di website multi-bahasa atau multi-regional.

Sudah Paham Tentang SEO Internasional?

Memanfaatkan potensi pasar global, meningkatkan visibilitas brand, dan meraih audiens yang lebih luas adalah impian setiap bisnis. Oleh karena itu, dengan mengadopsi strategi SEO internasional yang cermat dan efektif, kamu bukan hanya membuka pintu peluang baru, tetapi juga mengukir jejak sukses yang membawa bisnis kamu ke tingkat global.

Untuk memastikan implementasi yang maksimal, bergabunglah dengan Whello, yang berpengalaman selama 7 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi mereka, Whello dapat membimbing dan mengoptimalkan strategi SEO international kamu, memastikan bahwa bisnis kamu mencapai visibilitas global yang diinginkan.

Tak hanya itu, bahkan Whello dapat membuat desain website seo friendly. Jangan ragu untuk menggunakan jasa SEO Whello dan hubungi kontak Whello sekarang!

Image

Frequently Asked Questions

SEO Internasional adalah pendekatan dalam optimasi mesin pencari yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di hasil pencarian untuk pasar global, melibatkan penyesuaian konten dan strategi SEO untuk berbagai negara dan bahasa.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan