LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Mengenal Search Term di Google Ads dan Cara Mengoptimalkannya

Giras Utomo

Giras Utomo

SEA Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Search term, atau istilah pencarian yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan iklan kamu, memiliki peran penting dalam menentukan seberapa efektif kampanye iklan kamu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu search term, mengapa penting untuk memahaminya, dan strategi yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan search term dalam kampanye Google Ads kamu.

Pengertian Search Term

Search terms atau search query merupakan kumpulan kata maupun frasa yang dimasukkan seseorang pada kolom pencarian di mesin pencari.

Kumpulan kata tersebut umumnya adalah kombinasi dari beragam kata kunci. Pada saat seseorang memasukkan search query, hasil yang diharapkan akan tampil dalam bentuk SERP atau search engine result page.

Pentingnya Search Term dalam Google Ads

Setiap kali kamu melakukan campaign Google Ads, kamu harus mengecek data terkait search terms tersebut secara rutin. Bahkan, banyak yang menyarankan bahwa kamu harus melakukan pengecekan setiap hari.

Tujuannya agar kamu dapat memastikan traffic maupun pengunjung yang masuk di website sesuai dengan yang kamu tawarkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu perlu melakukan analisis serta memahami terlebih dahulu kebutuhan pengguna sebelum mereka mengklik iklan kamu.

Contohnya ketika kamu berfokus pada bisnis e-commerce yang menghadirkan produk berupa sepatu olahraga. Misalnya, kamu ingin traffic dari search terms “sepatu lari terbaik”, “beli sepatu online”, dan sebagainya.

Ketika pencarian yang muncul yaitu “sepatu pesta” atau “sepatu formal” menandakan ada data yang mesti kamu perbaiki, khususnya kata kunci yang digunakan. Meskipun begitu, pada prosesnya kamu juga bisa menemukan pencarian yang malah tak sesuai dengan bisnis kamu.

Kamu seharusnya bisa mengatur Google Ads agar tidak menampilkan iklan sesuai pencarian tertentu. Contohnya, kamu dapat menetapkan “sepatu pesta” sebagai pencarian negatif untuk sepatu olahraga yang kamu tawarkan.

Nantinya, iklan kamu tak akan dimunculkan pada pengguna yang ingin mencari “sepatu pesta”. Cara tersebut juga bertujuan untuk menghemat biaya iklan serta memastikan bahwa kamu hanya menjangkau audiens atau pengunjung yang relevan.

Perbedaan Search Terms dan Keyword

Berikut beberapa perbedaan search terms dan keyword yang perlu kamu ketahui:

A. Search Terms (Istilah Pencarian)

  • Definisi: Search terms adalah kata-kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna saat mereka melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google.
  • Sumber: Search terms berasal dari apa yang sebenarnya diketikkan oleh pengguna dalam mesin pencari.
  • Spesifik: Search terms bersifat spesifik dan dapat beragam, tergantung pada apa yang benar-benar dicari oleh pengguna.

B. Keywords (Kata Kunci)

  • Definisi: Keywords adalah kata-kata atau frasa yang ditentukan oleh pemilik bisnis atau pemilik iklan untuk menargetkan iklan mereka pada mesin pencari.
  • Sumber: Keywords ditentukan oleh pemilik kampanye iklan berdasarkan analisis, penelitian, dan strategi pemasaran mereka.
  • Tujuan: Keywords digunakan untuk menentukan kapan iklan akan muncul di hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang telah ditetapkan.

3 Cara Mengoptimalkan Search Terms

Tujuan dari mengoptimalkan search query ini yaitu bagaimana bisnis kamu memperoleh peringkat terbaik di mesin pencarian. Kira-kira apa yang harus kamu lakukan? Berikut adalah 3 cara untuk mengoptimalkannya:

1. Tentukan Keyword yang Relevan

Sebagai langkah awal, kamu perlu menentukan kata kunci yang sesuai. Keyword memegang peran sangat penting dalam pencarian di Google. Para pengguna akan memakai keyword untuk bisa mendapatkan hasil yang relevan.

Bagi kamu yang ingin peringkat website atau bisnis kamu lebih baik, maka pilihlah kata kunci yang tepat. Lalu bagaimana cara melakukannya? Pertama, kamu perlu riset keyword terlebih dahulu.

Riset keyword membantu kamu dalam menemukan istilah maupun frasa yang relevan dengan website, halaman, maupun bisnis kamu. Kemudian, kamu juga sebaiknya lebih fokus pada long tail keyword berupa 3 kata atau lebih.

Kata kunci tersebut sangat menguntungkan untuk bisnis kamu. Pasalnya, long tail keyword dapat mempermudah mesin pencari memahami website. Dengan demikian, dapat mengarahkan ke traffic yang lebih relevan untuk website kamu.

2. Buat Konten Berkualitas

Selain menggunakan keyword relevan, tentunya dalam mengoptimalkan search terms ini kamu perlu menghadirkan konten. Tanpa konten, sangat sulit mendapatkan peringkat tinggi di search engine. Akan tetapi, bukan sekadar konten yang kamu hadirkan melainkan konten berkualitas.

Konten berkualitas akan lebih menarik pengunjung untuk mengakses website kamu. Meskipun begitu, pastikan konten yang kamu hadirkan tersebut sesuai kata kunci yang sebelumnya telah kamu riset.

3. Optimalkan Website

Jika kamu ingin website muncul di search engine, maka sangat penting untuk mengoptimalkannya. Para pengguna pasti tak ingin mengakses website yang penuh dengan masalah, misalnya mengakses website yang lambat.

Kondisi tersebut akan memberikan user experience negatif pada pengunjung. Akibatnya, semakin sedikit orang yang mengakses website kamu sehingga peringkat di mesin pencari pun akan semakin menurun.

Oleh karena itu, pastikan website dapat memberikan pengalaman terbaik bagi user. Adapun kriteria website user friendly di antaranya yaitu mudah dan cepat diakses, memiliki menu navigasi yang jelas, responsif, dan kombinasi warna yang sesuai.

Sudah Paham Tentang Search Term?

Itulah beberapa penjelasan mengenai search terms, mulai dari pengertian, pentingnya dalam Google Ads hingga cara efektif untuk mengoptimalkannya. Bagi kamu yang memerlukan jasa iklan Google terpercaya, Whello Indonesia bisa menjadi pilihan tepat.

Kami berpengalaman selama lebih dari 7 tahun sebagai jasa digital marketing dan telah membantu klien dengan berbagai kebutuhan mereka. Tingkatkan trafik website dan konversi bisnis melalui Google Ads bersama SEA (Search Engine Ads) specialist yang berpengalaman dari Whello.

Dengan menggunakan materi iklan yang menarik dan strategi targeting yang spesifik, brand kamu dapat mencapai kesuksesan dengan lebih cepat dan mengalahkan kompetitor.

Buat iklan bertarget bersama Whello dan konversi traffic menjadi pembelian, kamu bisa menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim Whello atau melihat portofolio Whello terlebih dahulu.

Image

Frequently Asked Questions

Google Ads merupakan program pengiklanan Google. Melalui Google Ads, kamu bisa membuat iklan online sehingga mampu menjangkau lebih banyak orang secara tepat.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Giras Utomo

SEA Specialist

Kenalin aku Giras Utomo, SEA Specialist di Whello yang jago banget nyusun strategi iklan biar bisnis klien bisa tumbuh maksimal. Yuk belajar iklan!

Lees meer over Giras