LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Mengenal WhatsApp Business Bagi Pebisnis Online

Yuda Pramudyatama

Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

View case

durasi baca : 21 menit

Saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi seperti chat, voice call, atau video call. WhatsApp juga digunakan untuk keperluan bisnis, sehingga pada tanggal 18 Januari 2018, Facebook resmi merilis WhatsApp Business (WhatsApp Bisnis). Aplikasi ini diperuntukkan bagi pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau para pelanggan.

Melalui WhatsApp Business, pebisnis tidak hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi memperkenalkan bisnis kepada para pengguna WhatsApp.

Bagi yang belum mengetahui WhatsApp Business akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger pun dapat menjalin komunikasi kepada para konsumen. Namun perlu kamu ketahui, kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.

Perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business

1. Logo Aplikasi

Pada WhatsApp Messenger, gambar logo berupa icon telepon, sedangkan logo pada aplikasi WhatsApp Business menggunakan huruf B dengan huruf kapital.

Tetapi, background logo kedua aplikasi tersebut tetap menggunakan warna hijau yang menjadi ciri khas WhatsApp.

Logo WhatsApp Messenger:

Image

Logo WhatsApp Business:

Image

2. Profile

Jika profil pada WhatsApp Messenger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.

Pada WhatsApp Business bisa menampilkan beberapa informasi tentang bisnis kamu, seperti deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website.

Profile pada WhatsApp Messenger:

Image

Profile pada WhatsApp Business:

Image

3. Penggunaan Google Maps

Melalui WhatsApp Business kamu juga bisa menambahkan alamat (lokasi) bisnis yang langsung terhubung ke Google Maps. Dan fitur ini tidak akan kamu temukan pada WhatsApp Messenger.

Image

4. Fitur Pesan Otomatis

WhatsApp Business menyediakan tiga fitur pesan otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.

  • Away Message

    Fitur yang digunakan untuk membalas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari konsumen pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Kamu dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Greeting Message

    Fitur balas pesan otomatis yang bisa kamu kirimkan saat konsumen pertama kali menghubungi Kamu.
  • Quick Replies

    Fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat teks balasan mengenai hal yang sering ditanyakan konsumen. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh konsumen tentang bisnis kamu.

5. Kategori Bisnis

Pada kolom profil di WhatsApp Business, kamu memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis kamu.

Sementara pada WhatsApp Messenger, tidak terdapat fitur ini. Fitur ini mempermudah para konsumen untuk mengetahui bisnis apa yang sedang kamu jalankan.

Image

6. Labels

Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu.

Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Business, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat kamu hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan adanya fitur Labels (pengelompokan pesan) sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para konsumen.

Image

7. Tanda Centang Akun Bisnis

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Pihak WhatsApp Business akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi.

Apabila akun kamu sudah terverifikasi secara resmi, konsumen kamu akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis kamu akan terlihat meskipun konsumen belum menyimpan kontak kamu.

Dengan adanya fitur ini, bisnis kamu terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan? Tanda centang ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu masih menggunakan WhatsApp Messenger.

8. Reach More Customer

WhatsApp Business menyediakan fitur ini yang membantu kamu mendapatkan lebih banyak calon konsumen, dimana kamu bisa membuat iklan Facebook, menghubungkan WhatsApp dengan akun Facebook dan Instagram kamu, serta memungkinkan kamu membagikan link WhatsApp dan QR Code kepada banyak orang.

Manfaat WhatsApp Business

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya WhatsApp Business, diantaranya:

A. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan adanya fitur profil bisnis pada WhatsApp Business, pembeli dapat mengecek informasi bisnis kamu dengan mudah. Kamu bisa meyakinkan calon konsumen bahwa bisnis kamu kredibel dan profesional.

Terlebih jika kamu memiliki toko online sendiri, kamu dapat membangun branding yang lebih baik dan meningkatkan kredibilitas bisnis.

B. Lebih Mudah Berkomunikasi Dengan Konsumen

Manfaat utama yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Whatsapp Business yaitu mudahkan kamu berkomunikasi dengan konsumen.

Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan konsumen.

Selain itu, aplikasi ini menyedia fitur Label dan Statistik. Dengan adanya fitur ini, kamu lebih mudah melakukan follow up konsumen. Misalnya untuk konsumen dengan label “unpaid”, kamu dapat melakukan follow up hanya kepada konsumen berlabel “unpaid”.

C. Mempermudah Mempromosikan Bisnis

Selain berkomunikasi, WhatsApp Business juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi.

Aplikasi ini menyediakan fitur catalog yang memungkinkan kamu untuk memasukkan foto produk yang kamu tawarkan. Kamu dapat menyebarkan link produk banyak orang, baik dengan mengirimkan pesan broadcast ataupun media lainnya, seperti instagram atau facebook.

Bukan hanya itu, WhatsApp Business juga menungkinkan kamu membuat iklan Facebook, menambahkan akun Facebook dan Instagram untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Cara Menggunakan WhatsApp Business

Untuk menggunakan WhatsApp Business, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

1. Unduh WhatsApp Business

Langkah pertama untuk menggunakan WhatsApp Business yaitu mengunduh (download) WhatsApp Business melalui Google Play atau App Store di smartphone kamu.

2. Masukkan Nomor Telepon

Sama dengan WhatsApp Messenger, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan.

Image

3. Tambahkan Profile Bisnis

Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan foto profile, nama akun, dan kategori bisnis.

Image

4. Lengkapi Profile Bisnis

Pada menu “Setting”, lengkapi profil bisnis dengan menekan tombol “Business Tools”.

Image

Disini kamu bisa menambahkan beberapa informasi mengenai bisnis kamu melalui Profile Business, Catalog, Message Tools, and Reach More Customers.

Image

A. Business Profile

Pada menu ini, kamu bisa menambahkan/ganti foto profile, mengisi Nama bisnis, phone number, Business Hours, Address, Email Address, Website, Catalog, Business Categories, dan About (sekilas tentang bisnis kamu).

Image

B. Catalog

Tambahkan beberapa foto produk bisnis kamu dengan meng-klik tombol “Add new item”.

Image

C. Greeting Message

Langkah selanjutnya yaitu isi form pada fitur pesan otomatis melalui “Greeting Message”. Isi pesan otomatis sesuai dengan keinginan.

Image

D. Away Message

Kemudian masukkan pesan away message jika kamu ingin menggunakan fitur ini.

Image

E. Quick Message

Kamu juga bisa menambahkan quick replies untuk membantu kamu menanggapi pesan konsumen secara cepat.

Image

F. Labels

Isi label untuk pengelompokkan chat.

Image

G. Advertise on Facebook

Untuk meningkatkan penjualan bisnis, kamu juga bisa membuat iklan Facebook (Facebook Ads) dengan mengklik tombol “Create a new Facebook Ad”.

Image

I. Short Link

Fitur ini berfungsi untuk menyediakan link dan QR Code WhatsApp Business kamu yang dapat dibagikan kepada banyak orang.

Image

Nah berikut contoh tampilan kontak WhatsApp Business kamu.

Image

Menggunakan akun WhatsApp Business merupakan hal yang sangat baik untuk membantu menjalankan bisnis. Dengan fitur-fitur yang disediakan, pemilik usaha bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya, mulai dari menjaga komunikasi lebih baik, mengatur waktu, serta memudahkan dalam mempromosikan produk.

Kamu salah satu pebisnis online? Yuk mulai cobain WhatsApp Business. Jika ada pertanyaan, tinggal tulis di kolom komentar dibawah ya.

Semoga bermanfaat.

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

Hai, perkenalkan namaku Yuda, Digital Marketing Consultant di Whello Indonesia. Yuk bareng-bareng belajar digital marketing lebih dalam!

Lees meer over Yuda