LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Local SEO: Optimalisasi Pencarian Lokal untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Jika saya merupakan seorang pembeli dan pengguna internet aktif, dan sedang mencari barang yang saya inginkan, tentu saya akan mencari toko di areal rumah saya.

Toko paling dekat merupakan solusi untuk mendapatkan produk yang saya butuhkan dengan cepat, misalnya saya sedang membutuhkan air galon, tabung gas, atau madu cair untuk obat. Bukan saja saya, bahkan banyak orang yang berpikir sama seperti saya. Mencari toko terdekat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan, apalagi bila urusannya bersifat darurat dan sangat penting.

Untuk itulah bagi kamu pemilik bisnis perlu mengimplementasikan strategi Local SEO sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan.

Local SEO atau Local Search Engine Optimization adalah strategi mengoptimalisasi website pada mesin pencarian menggunakan keywords atau kata kunci yang menggunakan istilah lokal atau dekat dengan lokasi bisnis kamu.

Strategi Local SEO atau pencarian lokal yang tepat seharusnya mengandung 3 hal, yaitu berhubungan dengan kedekatan, adanya keunggulan atau berkualitas, dan berhubungan atau relevansi dengan orang yang mencari sesuatu, termasuk saat mencari produk dari bisnis kamu.

Bagaimana caranya menggunakan strategi Local SEO? Berikut pembahasannya.

1. Daftar di Google My Business

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengunduh dan memiliki aplikasi Google My Business di gadget kamu, bisa diunduh untuk handphone versi android maupun iOS, termasuk di laptop dan personal komputer.

Isi profil usaha bisnis kamu dengan lebih detail, lengkap dengan Nama Toko atau Nama Layanan Jasa dan Produk, Alamat Lengkap Usaha, Deskripsi Bisnis, Produk dan Jenis Jasa yang ditawarkan dari usahamu berikut harganya, foto galeri dan ulasan dari para pengguna dan konsumen langgananmu.

Pastikan koordinat alamat bisnismu benar-benar tepat jika usaha bisnismu juga melayani perdagangan sistem offline. Jika tidak, berikan keterangan bahwa bisnismu hanya melayani transaksi dengan sistem online

2. Dapatkan Review yang Bagus

Kumpulkan ulasan positif dan komentar baik serta menyenangkan dari para konsumen dan langganan yang sudah memakai dan membeli produk yang kamu tawarkan.

Dengan semakin banyak ulasan positif dan komentar yang baik, maka frekuensi pengunjung website bisnismu juga bisa lebih besar, rekomendasi orang juga sangat penting.

Untuk mendapatkan ulasan dan komentar bagus, Kamu bisa meminta mereka para pelanggan untuk mengisi ulasan yang ada di Google My Business usahamu. Lebih baik lagi jika menggunakan foto produk beserta foto selfie mereka saat membeli dan bertransaksi di tokomu.

Baca juga: Apa itu Local Citation

3. Memiliki Nama Brand yang Jelas

Pastikan nama bisnis kamu bisa terdeteksi dan disebut dengan jelas oleh Voice Search di Google. Termasuk koordinat lokasi bisnismu. Penggunaan suara dari Google sangat berguna disaat calon konsumen mencari produk yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan.

Kita bisa mendengarkan suara dari Google yang menunjukkan dimana lokasi toko berada dan bagaimana untuk mencapai ke tempatmu tersebut. Jadi ada baiknya Nama tokomu mudah untuk dihafalkan, mudah diingat, dan bisa disebut oleh Asisten Google atau Voice Search;

4. Bersifat Mobile Friendly

Website bisnis kamu harus bisa dibaca dan menggunakan format untuk handphone, atau Mobile Friendly. Pengguna handphone bisa jadi lebih banyak dari pengguna laptop atau komputer.

Terlebih jika calon konsumen berada diluar rumah atau kantor, tentu handphone bisa lebih praktis untuk memperoleh produk dan barang yang kita inginkan. Dengan website yang mobile friendly akan memudahkan pengguna internet mengakses toko onlinemu dan segera melakukan transaksi;

5. Gunakan Keyword yang Tepat

Gunakan kata kunci atau keywords yang mengandung kata “dekat”. Tentunya Kamu dan Jasa SEO akan menggunakan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan istilah ‘near’, ‘paling dekat’ atau ‘terdekat’ dan menunjukkan lokasi bisnis yang akan dicari oleh para pengguna internet di daerah tersebut. Misalnya:
-Toko plastik terdekat
-Toko plastik di Depok
-Toko plastik di Sawangan Depok
-Plastik Depok
-Plastik Sawangan
-Plastik Kresek Depok

Membutuhkan Jasa Untuk Melakukan Local SEO?

Jika Kamu pemilik bisnis dan membutuhkan Jasa Local SEO, percayakan saja kepada Whello. Mengapa Whello? Karena Whello merupakan sebuah perusahaan agensi layanan jasa digital marketing berpengalaman dan memiliki strategi Local SEO yang tepat untuk bisnis kamu.

Ada sejumlah layanan Whello yang pastinya kamu butuhkan untuk perkembangan bisnis, seperti:

  1. Jasa Pembuatan Website Bisnis
  2. Jasa SEO
  3. Google Ads
  4. Facebook dan Instagram Ads
  5. Copywriting
  6. Jasa Pembuatan Aplikasi
  7. Digital Marketing Komprehensif (all in one)
  8. Solution atau Konsultan Digital Marketing

Dengan team yang kreatif, memiliki integritas yang tinggi, dan mengenal serta berpengalaman secara teknis dengan marketing digital, tentu ini akan berguna dan berfungsi baik untuk bisnis kamu.

Berkaitan dengan strategi Local SEO tentu Whello mempunyai cara pintar dan penggunaan keyword yang cocok dan mudah dicari oleh para pengguna internet.

Untuk informasi yang lebih jelasnya, Kamu bisa menghubungi kontak Whello atau melihat portofolio Whello terlebih dahulu.

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan