LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

4 Jenis Konten Untuk Optimalisasi Digital Marketing

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 4 menit

Kesuksesan digital marketing ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu faktornya yaitu kualitas konten yang digunakan. Konten yang berkualitas dapat menjadi daya tarik audiens, sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian.

Untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik, alangkah baiknya jika kamu membuat beberapa jenis konten, karena semakin bervariasi konten yang kamu buat maka semakin mudah untuk mendapatkan banyak calon pelanggan.

Ada 4 jenis konten yang harus kamu ketahui:

1. Artikel

Artikel merupakan jenis konten yang terdiri dari beberapa rangkaian kata yang mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan suatu topik tertentu. Misalnya artikel mengenai teknologi, kuliner, kesehatan dan lain-lain.

Artikel dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan trafik website. Dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat, maka akan mengundang banyak pengunjung datang ke website.

Untuk membuat artikel yang berkualitas, ada 3 tips yang harus kamu lakukan:

  • Tentukan target audiens kamu.
  • Kumpulkan konten-konten terbaik.
  • Tingkatkan materi konten-konten tersebut.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 3 tips diatas, kamu bisa baca pada artikel tips agar konten yang kamu buat lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO .

2. Video

Konten video menjadi tren digital marketing yang populer pada tahun ini (2019). Video dapat dijadikan media promosi yang menarik untuk bisnis kamu. Seperti video yang berisi tutorial, review, tips dan trik mengenai suatu produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Agar menghasilkan video yang mampu menarik perhatian para calon klien, ada 5 cara mudah membuat video marketing:

  • Evaluasi Konten yang kamu butuhkan.
  • Buat rancangan video.
  • Rekam dan sunting video kamu.
  • Lakukan SEO video.
  • Pilih tempat pemasaran video yang tepat.

Berikut salah satu contoh video sebagai media promosi bisnis online:

3. Audio

Saat ini tidak sedikit yang menggunakan konten audio sebagai media promosi. Audio merupakan konten yang berupa rekaman suara yang membahas berbagai topik dan dapat didengarkan oleh banyak orang.

Dengan konten audio, calon klien dapat mendengarkan konten kamu ketika mereka melakukan pekerjaan lain. Konten audio juga tidak akan menampilkan iklan yang bisa mengganggu calon klien ketika mendengarkannya.

  • Tips membuat konten audio:
  • Tentukan 1 topik yang ingin dibahas.
  • Gunakan microphone untuk memperjelas suara.
  • Perhatikan durasi audio agar tidak terlalu lama.
  • Gunakan aplikasi editing audio untuk menghasilkan konten yang lebih menarik, seperti Adobe AuditionAudacity, atau Reaper.

Dibawah ini salah satu contoh konten audio:

4. Infografis (Gambar)

Jenis konten yang terakhir yaitu Infografis. Infografis merupakan jenis konten yang terdiri dari beberapa gambar. Menyajikan konten infografis akan membuat pembaca (calon klien) merasa tidak bosan ketika membaca konten.

Selain itu, beberapa website terkenal juga telah menyajikan konten-konten mereka berupa konten infografis, seperti pinterest.

Tips membuat infografis yang menarik:

  • Buat headline (judul) yang menarik.
  • Fokus pada pesan yang ingin disampaikan.
  • Gunakan gambar yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Buat infografis yang sederhana dan nyaman dilihat.
  • Publikasikan infografis kamu di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau Pinterest.

Berikut salah satu contoh konten infografis:

Image

Itulah 4 jenis konten yang bisa kamu buat ketika melakukan digital marketing. Kamu bisa membuat konten yang lebih bervariatif setiap harinya. Misalnya hari ini membuat konten jenis artikel, besoknya konten video, dan lusa membuat konten audio, begitupun seterusnya.

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan