LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Apa Itu Google Local Pack? Para Pebisnis Lokal Wajib Tahu!

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Google Local Pack dapat membantu Anda mendorong prospek bisnis. Jika Anda pebisnis lokal, tentu harus memanfaatkan tool ini untuk menarik pelanggan sebelum menjangkau target pasar baru.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk mempelajari semua tentang tool tersebut, mulai dari definisi, manfaat, hingga cara yang mudah untuk mengoptimalkannya agar bisnis berkembang. Tunggu apalagi? Pelajari sekarang di sini!

Apa Itu Local SEO?

Pencarian lokal merupakan strategi search engine optimization (SEO) yang menargetkan di wilayah, kota, atau lingkungan tertentu.

Secara sederhana, local SEO adalah praktik optimasi SEO yang akan membantu bisnis Anda untuk muncul dalam hasil pencarian lokal di Google, seperti Google Maps.

Misalnya, saat Anda sedang mencari bengkel terbaik. Tentu Anda membutuhkan bengkel yang dekat dengan wilayah tempat tinggal. Maka, bisa saja tambahkan kata yang merujuk pada lokasi rumah Anda. Contohnya, “bengkel terbaik semarang”.

Dengan pencarian tersebut, maka secara otomatis Google akan menampilkan hasil pencarian yang memiliki lokasi terdekat dengan Semarang.

Cara ini terbilang efektif bagi Anda sebagai pebisnis untuk memaksimalkan website pada area lokal. Dengan demikian, bisnis Anda lebih unggul dibanding kompetitor di wilayah yang sama.

Definisi Google Local Pack

Google Local Pack merupakan fitur search engine result pages (SERP) yang menampilkan halaman pertama berupa daftar lokal teratas untuk lokasi pengguna atau lokasi mesin pencarian. Tentu saja, ini hanya berlaku untuk pencarian lokal.

Selanjutnya, akan muncul lokasi geografi, informasi jam buka, kontak, ulasan dari pelanggan, dan lainnya. Sehingga, pengguna bisa mengklik hasil pencarian untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang bisnis.

Bahkan, pengguna dapat membuka navigasi Google Maps, jika ingin mengunjungi lokasi fisik bisnis tersebut.

Mengapa Google Local Pack Penting untuk Bisnis?

Google Local Pack sangat penting bagi bisnis karena memberikan banyak manfaat, antara lain yaitu:

A. Meningkatkan Organic Traffic

Memiliki peringkat tinggi dalam Google Maps, maka peluang diklik oleh pengguna lebih tinggi pula. Sehingga, dapat mendorong organic traffic ke website bisnis Anda.

Sementara itu, organic traffic berguna untuk meningkatkan popularitas serta meningkatkan kepercayaan pelanggan.

B. Memperbanyak Local Traffic

Menempati posisi tinggi dalam hasil mesin pencarian, artinya bisnis Anda menjadi salah satu yang dilihat pertama oleh pengguna. Dengan begitu, local traffic bisnis Anda akan bertambah.

Bagi para pebisnis lokal, mempunyai local traffic sangat menguntungkan. Setidaknya, Anda sudah mendapat kepercayaan dari pelanggan di wilayah tersebut.

C. Menarik Lebih Banyak Target Pasar

Sekali lagi, menempati posisi pertama pada hasil mesin pencarian sangat menguntungkan. Diantaranya, yaitu dapat menarik lebih banyak pengguna.

Mereka akan berusaha mencari lebih lanjut, seperti mengunjungi website, menghubungi kontak yang tertera, atau langsung menuju lokasi fisik bisnis.

D. Lebih Unggul dari Kompetitor

Dengan tiga manfaat sebelumnya, Anda sudah lebih unggul dibanding kompetitor. Selain itu, semakin menghasilkan lebih banyak pelanggan, maka lebih banyak pula ulasan dari mereka.

Secara keseluruhan, kondisi tersebut dapat membantu bisnis Anda memiliki nilai kompetitif yang tinggi.

E. Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan

Bagaimana target pasar akan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan, jika mereka tidak menemukan bisnis Anda? Maka, solusinya adalah mengoptimalkan hasil mesin pencarian.

Jika dalam pencarian lokal bisnis Anda menempati posisi atas, pelanggan akan memiliki tingkat kepercayaan tinggi. Sebaliknya, mereka sering melewatkan bisnis yang tidak memenuhi parameter tertentu, misalnya tiga hasil teratas mesin pencarian.

6 Cara Mudah Optimasi Google Local Pack untuk Bisnis

Berikut ini 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk optimasi Google Local Pack, yaitu:

1. Lengkapi Informasi Bisnis Anda

Semakin lengkap informasi bisnis Anda, semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh. Pastikan informasi Anda akurat dan terkini, meliputi alamat lokasi usaha, kategori bisnis, kontak, dan atribut utama bisnis lainnya.

Informasi tersebut berguna bagi Google untuk menentukan apakah bisnis Anda relevan dengan penelusuran tertentu.

2. Lakukan Riset Keyword

Keyword (kata kunci) merupakan kata kunci yang digunakan oleh user ketika melakukan pencarian. Dengan melakukan riset keyword, Anda bisa mengetahui keinginan target pasar, khususnya saat melakukan pencarian lokal.

Anda bisa menggunakan SEO tools seperti Ahrefs untuk riset keyword. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, Anda harus menyisipkannya ke konten website.

Jika Anda tidak menguasai cara ini, serahkan saja pada jasa SEO Whello yang sudah berpengalaman. Sehingga, Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis lokal dari berbagai sisi.

3. Verifikasi Lokasi Bisnis

Untuk memastikan keakuratan bisnis, Anda perlu melakukan verifikasi. Kunjungi Google My Business untuk melakukan verifikasi lokasi dan menyelesaikan prosesnya.

Memiliki lokasi bisnis yang sudah terverifikasi akan berpengaruh pada hasil peringkat organik dalam Google Maps.

4. Optimasi On Page SEO

Cara mudah untuk optimasi Google Local Pack berikutnya adalah mempraktikkan on page SEO. Apabila mesin pencari mudah mengidentifikasi website Anda, maka website berpeluang muncul sebagai hasil yang relevan pada pencarian lokal.

Anda bisa gunakan jasa SEO untuk optimasi yang lebih menghasilkan. Keuntungan menggunakan jasa SEO untuk bisnis-mu sangat banyak.

Diantaranya, yaitu tidak perlu membayar biaya iklan, karena skor SEO yang tinggi dapat meningkatkan traffic website.

5. Perbarui Informasi

Jangan lupa untuk update, jika terdapat informasi yang berubah. Misalnya, Anda mengubah jam operasional atau bahkan pindah lokasi bisnis. Maka, segera diperbarui dan pastikan informasi yang tercantum sudah paling akurat dan terbaru.

6. Tanggapi Ulasan dari Pelanggan

Anda harus memperhatikan ulasan dari pelanggan, bahkan sangat dianjurkan untuk memberikan tanggapan. Selain menjadi pertimbangan local SEO, interaksi dalam ulasan pelanggan menunjukkan perhatian Anda dengan para pelanggan.

Di samping itu, interaksi pelanggan dengan Anda dapat menunjukkan rating. Sehingga, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Ingin Optimasi Google Local Pack Agar Bisnis Banjir Orderan?

Demikian informasi mengenai apa itu local SEO, Google Local Pack, manfaatnya untuk pebisnis lokal, hingga cara mudah untuk optimasinya. Dengan menduduki peringkat teratas pencarian lokal, bisnis Anda auto banjir orderan.

Nah, artikel ini bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk optimasi Google Lokal Pack. Sehingga, Anda bisa meningkatkan skor local SEO dan melejitkan pendapatan.

Image

Frequently Asked Questions

Google Local Pack adalah fitur search engine result pages (SERP) yang menampilkan halaman pertama berupa daftar lokal teratas untuk lokasi Anda atau lokasi mesin telusur pada pencarian lokal.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan