LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Pengertian dan Fungsi KPI SEO untuk Sebuah Website

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

KPI SEO (Key Performance Indicator Search Engine Optimization) menjadi salah satu alat pengukuran yang penting dalam strategi pemasaran digital.

Dalam era digital saat ini, website yang dioptimalkan untuk mesin pencari sangatlah penting bagi kesuksesan bisnis online. KPI SEO membantu kamu mengukur performa website, memahami bagaimana pengunjung menemukan website kamu, dan menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan kinerja SEO kamu.

Apa Itu KPI SEO?

KPI SEO adalah nilai ukur yang memiliki fungsi untuk mengukur efektivitas dan kinerja Search Engine Optimization dalam dunia marketing. Targetnya, yaitu mengukur kemajuan, memberikan keputusan yang baik, serta memantau visibilitas dari website kamu.

KPI SEO juga membantu kamu mengetahui apakah metode SEO yang kamu terapkan sudah tepat atau belum. Inilah yang juga menjadi alasan kenapa KPI sangat diperlukan oleh jasa SEO. Tanpa KPI tim tidak akan bisa mengukur kemajuan dan visibilitas website di mesin pencari.

Baca juga: 10 KPI SEO di Era AI: Metrik Baru yang Wajib Di-Track!

Fungsi Mengukur KPI SEO

Berikut adalah beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui dari KPI SEO:

  • Mengidentifikasi peluang agar kamu bisa mengetahui strategi yang sedang berjalan perlu ditingkatkan atau tidak.
  • Memprioritaskan upaya SEO setelah mengetahui strategi mana yang berhasil.
  • Mengukur ROI SEO untuk mengetahui optimasi yang berjalan apakah secara langsung bisa mempengaruhi pendapatan dan memperoleh keuntungan atau tidak.
  • Mengukur proses dari target bisnis, sehingga bisa mengetahui seberapa besar kemajuan setelah kamu melakukan optimasi SEO.

Metrik KPI SEO yang Penting untuk Diukur

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi KPI SEO, berikut beberapa metrik yang perlu kamu ukur untuk mengoptimalkan website. Sehingga dapat menjangkau audiens secara efisien.

1. Organic Traffic

Dalam mesin pencarian Google, trafik organik merupakan KPI yang paling penting, karena menjadi tujuan dari akhir strategi. Kamu bisa mencari peningkatan stabil dalam sesi organik dengan cara bertahap. Kemudian untuk mengetahui nilai upaya SEO, kamu harus membandingkan lalu lintas organik melalui grafik tahun ke tahun.

Berikut cara memeriksa metrik trafik organik:

  • Masuk ke Google Analytics.
  • Lalu klik pada Acquisitions, All Traffic, dan klik Channels.

Kamu juga bisa menetapkan rentang tanggal target untuk satu bulan atau menyesuaikan data periode yang kamu butuhkan.

2. Branded Traffic

Jika pengguna atau audiens secara aktif mencari brand dari produk kamu, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa branding campaign yang kamu lakukan sudah cukup baik. Branded traffic akan muncul berupa nama perusahaan pada pencarian dan masuk peringkat SERP.

Biasanya, user akan mencari kata kunci jenis brand sehingga trafik akan mendapatkan peluang konversi yang tinggi. Kamu juga perlu melakukan segmentasi hasil pencarian lalu lintas organik dan lalu lintas komersial.

Melalui metrik ini, kamu bisa menentukan kekuatan posisi perusahaan pada niche komersial. Hal tersebut memungkinkan pengukuran kesadaran merek secara keseluruhan.

3. Keyword Ranking

Keyword ranking atau peringkat kata kunci akan membuat fungsi KPI SEO semakin maksimal. Metrik ini menandakan halaman website kamu akan muncul dengan kata kunci tertentu. Semakin tinggi peringkat pencarian, maka akan semakin banyak pengunjung yang kamu dapatkan.

Hal yang perlu kamu ketahui, yaitu lalu lintas SEO sensitif terhadap perubahan kecil seperti peringkat pada kata kunci. Satu perubahan tersebut bisa mempengaruhi ribuan pengguna, sehingga kamu perlu memantau dan merespon perubahan dengan cepat.

4. CTR Organik

CTR organik bisa kamu gunakan sebagai faktor peringkat. Semakin tinggi CTR, maka semakin besar kemungkinan orang akan menelusuri pencarian halaman kamu. CTR adalah metrik yang menunjukkan persentase pengunjung halaman kamu.

Kamu perlu melakukan pemeriksaan untuk menentukan seberapa relevan sebuah judul dan meta deskripsi pada isi website SEO kamu.

5. Visibilitas Pencarian Organik

Visibilitas ini merupakan KPI yang bisa dilacak, sehingga bisa menunjukkan pertumbuhan secara konsisten. Pada dasarnya, jumlah impresi tidak menghasilkan klik. Namun, metrik visibilitas merupakan cara tepat untuk memantau pertumbuhan website kamu.

Contohnya, kamu membuat website dengan target konten kata kunci tertentu. Kemudian, pada bulan ke 3 atau 6 kamu bisa melihat perkembangan situs dengan cara mengukur impresi.

6. Bounce Rate

Selain untuk membantu menentukan apakah konten menarik atau tidak, bounce rate juga berfungsi untuk menentukan seberapa relevan konten dari hasil penelusuran Google. Bounce rate sendiri merupakan metrik yang bisa kamu gunakan untuk menghitung persentase sesi pengguna saat mengunjungi website kamu.

7. Average Session Duration

Lama pengunjung untuk menghabiskan waktu pada website juga menjadi metrik yang perlu kamu perhatikan. Ketika memantau durasi, kamu akan lebih mudah menilai kualitas situs, apakah perlu perubahan atau tidak.

Pastikan untuk membuat struktur konten dengan durasi sesi yang lebih lama. Contohnya dengan memiliki breadcrumbs, memasukkan tautan internal, site map yang baik, dan lain sebagainya.

8. Audience Retention

Fungsi KPI SEO adalah untuk mengoptimalkan kinerja. Sehingga kamu membutuhkan pengunjung yang banyak untuk membangun aspek kepercayaan audiens, kesadaran merek, dan otoritas website.

Menumbuhkan audiens secara permanen merupakan hal penting untuk menunjukkan situs kamu bisa membangun hubungan jangka panjang. Tingkat retensi adalah metrik penting untuk kamu sebagai blogger dan berfungsi sebagai tolak ukur apakah blog kamu bermanfaat atau tidak.

9. Conversion Rate

Tingkat konversi organik merupakan metrik KPI yang banyak diperjuangkan. Karena pengukuran dan pelacakan konversi organik, penjualan, maupun prospek akan mampu menunjukkan kesuksesan strategi SEO yang kamu lakukan.

Pastikan untuk mengetahui tolak ukur sebelum memulai kampanye agar tidak kesulitan untuk menunjukkan peningkatan dari sebelumnya. Sebaiknya, gunakan rata-rata konversi dalam tiga bulan sebelum memulai kampanye untuk mengukur pertumbuhan.

10. Backlink

Backlink merupakan salah satu faktor peringkat utama Google. Kamu perlu mengetahui status profil tautan saat ini dalam hal identifikasi backlink yang baru agar kamu tidak memiliki backlink toxic.

11. Core Web Vitals

Core web vitals merupakan metro pengalaman user yang masih baru dan sebagai faktor peringkat potensial. Sekarang ini terdapat tiga faktor penting yang fokusnya pada kecepatan halaman, tetapi Google sudah mengisyaratkan lebih banyak metrik dalam bentuk UX pada masa yang akan datang.

12. ROI SEO

Tujuan akhir dari strategi SEO tentunya untuk menghasilkan keuntungan atau sebagai investasi. Oleh sebab itu, melacak ROI atau return of investment merupakan hal penting yang harus kamu lakukan.

Sudah Mengerti Tentang Pengertian dan Fungsi KPI SEO?

Itulah penjelasan tentang pengertian, fungsi KPI SEO, serta metrik yang perlu kamu gunakan untuk mengukur performa strategi SEO. Jika kamu tidak memiliki pengetahuan mendalam mengenai penggunaan teknik ini, menggunakan jasa SEO terpercaya seperti Whello akan menjadi solusi terbaik. Hubungi kontak Whello untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Kamu juga bisa melihat portofolio Whello terlebih dahulu.

Image

Frequently Asked Questions

KPI SEO merupakan sebuah nilai ukur yang berfungsi untuk mengukur efektivitas dan kinerja Search Engine Optimization dalam dunia marketing.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan