LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

10 Fitur Penting yang Wajib Dimiliki Oleh Website Toko Online

Argo Utomo

Argo Utomo

Webdeveloper

View case

durasi baca : 11 menit

Toko online menjadi salah satu media penjualan yang telah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk menjual produk atau jasa mereka. Toko online memberikan berbagai kemudahan bagi pebisnis maupun para pelanggan.

Dengan membuat toko online, seorang pebisnis dapat mengontrol bisnisnya dengan mudah, seperti mengontrol jumlah barang yang tersedia, jumlah barang yang terjual, atau jumlah pesanan customer.

Dan begitupun dengan para pelanggan yang mempermudah mereka untuk melakukan pembelian kapanpun dan dimanapun tanpa harus pergi ke toko fisik.

Namun, untuk memberikan kenyamanan saat belanja melalui website, ada beberapa fitur yang harus ada pada website toko online. Apa saja? Simak penjelasan dibawah ini:

1. Customer Login

Customer login merupakan salah satu fitur website toko online yang berguna untuk untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan pelanggan, seperti riwayat pembelian, pemesanan, atau tagihan.

Fitur ini juga akan mempermudah kamu untuk mengetahui data pribadi pelanggan, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan lain-lain.

Berikut contoh customer login pada salah satu website toko online:

Image

2. Keranjang Belanja

Keranjang belanja berguna untuk memudahkan customer menyimpan barang-barang yang ingin dibeli sebelum melakukan pembayaran (checkout).

Dibawah ini salah satu contoh fitur keranjang belanja dan produk yang sudah dimasukkan ke dalam keranjang:

Image

3. Wishlist

Wishlist merupakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan beberapa barang yang mereka inginkan untuk dibeli di masa yang akan datang. Agar memudahkan mereka ketika ingin melakukan pembelian di kemudian hari.

Contohnya seperti gambar dibawah:

Image

4. Payment Gateway

Payment gateway adalah layanan yang menyediakan proses pembayaran ketika melakukan pembelian, baik pembayaran melalui kartu debit, kartu kredit, dan metode pembayaran lain.

Misalnya seperti gambar dibawah:

Image

5. Pencarian Produk

Mengingat banyaknya produk yang terdapat pada website toko online kamu, fitur pencarian merupakan salah satu fitur yang mempermudah pelanggan mencari sebuah produk yang mereka inginkan.

Cukup dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produk yang mereka inginkan, misalnya berdasarkan model, merek, atau jenis produk.

Dapat kamu lihat pada gambar dibawah, saya memasukkan kata kunci “lois jeans” yang merupakan salah satu brand, sehingga akan muncul beberapa produk yang merupakan produk brand tersebut.

Image

6. Halaman Promo

Untuk menarik perhatian calon pelanggan, halaman promo (sale) merupakan salah satu fitur yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat membuat sebuah halaman yang berisi produk dengan harga diskon atau produk dengan bebas biaya kirim.

Berikut contoh halaman sale yang menyediakan berbagai produk dengan harga diskon:

Image

7. Informasi Produk Baru

Para pengunjung toko online tentunya sangat menyukai hal-hal yang selalu up to date mengenai produk kamu, mereka akan menjadi semakin penasaran dengan hal-hal baru yang ada pada toko online kamu.

Sehingga menyediakan fitur yang berfungsi menampilkan produk terbaru merupakan cara yang tepat untuk dilakukan agar mereka betah berlama-lama berada di website toko online kamu.

Berikut contoh fitur produk terbaru pada salah satu toko online:

Image

8. Related Items (Produk Terkait)

Dengan menambahkan fitur related items (produk terkait) mengenai suatu produk yang dipilih oleh pengunjung, menandakan bahwa kamu dapat memahami keinginan mereka. Mereka mempunyai pilihan lain yang serupa dengan produk yang mereka pilih.

Contohnya seperti gambar dibawah yang menampilkan “produk serupa” dengan suatu produk yang dipilih:

Image

9. FAQ

FAQ (Frequently Asked Questions) merupakan fitur yang berguna untuk menampilkan berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung website (customer).

Misalnya mengenai cara pemesanan, cara pembayaran, ongkos kirim, metode pengembalian barang, dan lain-lain.

Contohnya seperti gambar dibawah:

Image

10. Prediksi Ongkos Kirim

Ongkos kirim merupakan salah satu pertimbangan calon pelanggan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pembayaran atau tidak.

Dengan menyediakan fitur yang berfungsi untuk memberikan prediksi mengenai ongkos kirim sebelum melakukan pembayaran, tentunya akan sangat bermanfaat. Mereka dapat mengetahui ongkos kirim ke tempat tinggal mereka.

Lihat contoh dibawah ini, dengan memasukkan “nama kota”, pengunjung dapat mengetahui ongkos kirim yang harus mereka bayar:

Image

Sudah mempunyai website toko online tapi belum punya 10 fitur diatas? Whello sebagai agensi digital marketing memiliki jasa pembuatan website toko online yang dapat membantu kesuksesan bisnis kamu. Whello memastikan toko online kamu memiliki 10 fitur diatas. Hubungi call center Whello sekarang!

Image

Frequently Asked Questions

Fitur keranjang belanja yang interaktif memungkinkan pengunjung toko online untuk menambah dan mengatur produk yang ingin mereka beli dengan mudah. Hal ini mempermudah proses pembelian dan meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Argo Utomo

Webdeveloper

Perkenalkan aku Argo Utomo, managing partner Whello yang memastikan setiap proyek lancar dan sesuai kebutuhan klien.

Lees meer over Argo