LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Perbedaan Dofollow Backlinks dan Nofollow (Lengkap)

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Salah satu jenis backlink yang umum digunakan oleh para pakar SEO adalah dofollow backlinksBacklink adalah aspek yang cukup penting dalam optimasi SEO. Namun, tidak semua backlink diciptakan memiliki sifat yang sama. Ada dua jenis backlink yang umum digunakan, yakni nofollow dan dofollow.

Perbedaan antara keduanya dapat mempengaruhi peringkat website kamu di halaman hasil pencarian Google. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa itu backlink nofollow dan dofollow, serta bagaimana kamu dapat memanfaatkannya untuk strategi SEO.

Apa Itu Dofollow Backlinks?

Dofollow backlinks adalah kebalikan dari nofollow. Jika suatu tautan tidak memiliki atribut nofollow, maka tautan tersebut secara otomatis dianggap sebagai dofollow. Dalam hal ini, mesin pencari akan mengikuti tautan tersebut saat mengindeks halaman dan menganggapnya sebagai suara atau rekomendasi yang bernilai.

Dofollow dapat memberikan bobot SEO positif dan dapat meningkatkan otoritas dan peringkat halaman website yang menerima tautan tersebut. Ini karena mesin pencari melihat dofollow sebagai sebuah suara atau rekomendasi dari website lain. Lalu, menunjukkan bahwa website tersebut memiliki nilai atau konten yang berharga.

Manfaat Dofollow Backlinks

Berikut adalah beberapa manfaat dari atribut dofollow yang wajib kamu ketahui:

A. Meningkatkan Peringkat SEO

Salah satu manfaat utama dofollow adalah kemampuannya untuk meningkatkan peringkat website kamu dalam hasil pencarian Google. Mesin pencari menganggap dofollow sebagai suara atau rekomendasi yang bernilai dari website lain.

Semakin banyak dofollow berkualitas yang kamu miliki, semakin besar peluang website untuk naik peringkat dalam hasil pencarian. Selain itu, dofollow membantu meningkatkan otoritas website kamu dan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa konten kamu memiliki nilai dan relevansi.

B. Meningkatkan Trafik Organik

Dofollow juga memiliki potensi untuk meningkatkan jumlah trafik organik yang kamu terima. Ketika website berkualitas memberikan tautan dofollow ke website kamu, pengunjung dari website tersebut dapat mengikuti tautan dan mengunjungi website kamu.

Dengan demikian, dofollow backlinks tidak hanya membantu dalam hal peringkat. Namun, juga membawa traffic potensial yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan website.

C. Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas

Mendapatkan tautan dofollow dari website yang memiliki kredibilitas dan otoritas di bidangnya dapat memberikan keuntungan besar bagi website kamu. Ketika website terpercaya memberikan rekomendasi melalui tautan dofollow.

Hal tersebut memberikan sinyal positif kepada mesin pencari dan pengunjung bahwa website kamu adalah sumber informasi yang bernilai. Selain itu, atribut ini juga dapat membantu kamu dalam membangun reputasi dan kredibilitas website di mata mesin pencari dan audiens.

Baca juga: Backlink dengan Teknik Skyscraper

Apa Itu Nofollow Backlinks?

Sebelum membahas dofollow backlinks, simak dahulu pengertian dari nofollow. Nofollow adalah atribut yang tersemat dalam tautan di suatu halaman website. Jika suatu tautan memiliki atribut nofollow, itu berarti menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut saat mengindeks halaman tersebut.

Dengan kata lain, nofollow memberi sinyal kepada mesin pencari. Kemudian, sinyal tersebut akan menunjukan bahwa kamu tidak ingin memberikan sebuah suara atau merekomendasikan tautan tersebut kepada website yang tertuju.

Website menggunakan atribut nofollow untuk tautan yang mungkin tidak relevan, tautan sponsor, tautan iklan berbayar, atau tautan yang mereka tidak ingin diberi bobot SEO. Mesin pencari akan mengenali tautan dengan atribut nofollow dan tidak menggunakannya sebagai faktor peringkat dalam algoritma mereka.

Manfaat Nofollow Backlinks

Berikut adalah beberapa manfaat dari nofollow backlink yang wajib kamu ketahui:

1. Membangun Keseimbangan Link Profile

Dalam upaya meningkatkan SEO, memiliki profil tautan yang seimbang sangat penting. Profil tautan yang sehat mencakup kombinasi tautan dofollow dan nofollow.

Ketika memperoleh nofollow, kamu dapat menciptakan keseimbangan yang lebih baik dalam profil tautan kamu. Ini memberi kesan alami pada mesin pencari dan menunjukkan bahwa website kamu menerima tautan secara organik dari berbagai sumber.

2. Meningkatkan Keterlibatan dan Awareness

Nofollow backlink juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan kesadaran tentang merek atau website kamu. Meskipun tidak terlalu signifikan seperti dofollow backlinks, faktanya nofollow sangat bermanfaat khususnya untuk website bisnis.

Ketika tautan nofollow berada di website populer, pengguna dapat melihat tautan tersebut dan tertarik untuk mengunjungi website kamu. Selain itu, hal ini dapat membantu membangun kesadaran merek dan meningkatkan interaksi pengguna dengan konten kamu.

3. Dapat Mengurangi Spam pada Website

Backlink satu ini ternyata dapat mengurangi spam yang umumnya akan membuat website kamu kehilangan kredibilitas dan kualitasnya. Biasanya, nofollow akan banyak orang gunakan untuk beberapa kebutuhan. Misalnya seperti link affiliate, komentar, website kurang kredibel, dan review.

Perbedaan Antara Nofollow dan Dofollow Backlinks

Setelah mengetahui pengertian antara keduanya, kali ini kamu masuk ke pembahasan tentang perbedaan antara nofollow dan dofollow.

1. Pengaruh pada Peringkat

Mesin pencari tidak akan memperhitungkan tautan dengan atribut nofollow dalam peringkat pencarian mereka. Namun, tautan dofollow justru sebaliknya. Atribut ini dapat memberikan dampak yang positif pada peringkat website kamu.

2. Traffic dan Konversi

Nofollow tidak bisa secara langsung berkontribusi pada peningkatan trafik dan konversi website kamu. Namun, dofollow backlinks dari website berkualitas dapat membawa trafik yang lebih baik dan potensi untuk meningkatkan konversi.

3. Sumber Tautan

Nofollow umumnya digunakan untuk tautan yang dihasilkan oleh pengguna, seperti komentar blog atau tautan dalam forum. Sedangkan untuk dofollow, biasanya atribut ini kamu gunakan untuk tautan yang khusus dari pemilik website. Contohnya seperti tautan editorial atau konten yang relevan.

4. Atribut Anchor Tag

Untuk link dofollow, kamu tidak perlu menambahkan atribut khusus di anchor tag. Sebaliknya, untuk tautan nofollow, Anda perlu menggunakan atribut “rel=nofollow” pada anchor tag. Atribut ini memberitahu robot crawler bahwa tautan tersebut harus dianggap sebagai tautan nofollow.

5. Rasio Dofollow dan Nofollow

Untuk mendapatkan peringkat SEO yang baik dan meningkatkan kualitas website, penting bahwa mayoritas backlink adalah link dofollow daripada link nofollow. Tautan dofollow yang mendominasi akan memberikan dampak positif pada peringkat website Anda.

Sudah Paham tentang Nofollow dan Dofollow Backlinks?

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara nofollow dan dofollow backlinks adalah kunci dalam strategi SEO yang sukses. Namun, jika kamu ingin lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan jasa SEO dari Whello untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari.

Whello juga memiliki tenaga profesional yang bertalenta di bidang digital marketing dengan wawasan luas tentang market lokal. Melalui Whello kamu akan mendapat solusi terbaik untuk mendukung brand semakin maju dan dikenal. Jadi, tunggu apa lagi? Konsultasikan bisnis kamu sekarang dengan cara menghubungi kontak Whello.

Image

Frequently Asked Questions

Nofollow backlink adalah jenis tautan di mana atribut "nofollow" diberikan pada tautan tersebut. Atribut ini memberi sinyal kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan dan tidak memberikan bobot SEO positif.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan