LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Kenali Content Gap Analysis dan Manfaatnya untuk SEO

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 6 menit

Salah satu elemen krusial dalam strategi SEO adalah content gap analysis. Namun dalam menerapkan SEO, masih banyak yang belum paham tentang content gap analysis ini.

Artikel ini akan membahas secara rinci tentang apa itu content gap, mengapa penting, tipe-tipe content gap, dan bagaimana kamu dapat menganalisis dan memanfaatkannya.

Apa yang Dimaksud Dengan Content Gap Analysis ?

Content gap analysis adalah proses mengevaluasi topik konten untuk menentukan apakah ada peluang untuk membahasnya dengan lebih baik.

Melakukan content gap analysis melibatkan evaluasi kata kunci, format, kualitas, dan pesan seputar topik tertentu. Tidak hanya itu, kamu juga akan perlu menganalisa website kamu dengan kompetitor lainnya.

Hal ini dapat membantu kamu mengidentifikasi topik-topik yang menjadi keunggulan pesaing, yang tidak dibahas secara lengkap, ataupun yang tidak dibahas sama sekali.

Mengapa Content Gap Analysis Ini Penting?

Content gap analysis dapat membantu meningkatkan kinerja konten kamu secara keseluruhan. Namun mengapa sih hal ini penting? Berikut ada beberapa alasan mengapa hal ini penting dan harus dilakukan:

1. Memenuhi maksud pencarian

Content gap analysis membantu menyelaraskan konten kamu dengan apa yang dicari pengguna. Ini memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan visibilitas SEO yang lebih tinggi.

2. Tetap relevan

Relevansi adalah kunci dalam dunia SEO. Content gap analysis akan membantumu tetap mengikuti tren industri dan topik yang diminati audiens dan search engine cenderung menyukai konten yang up-to-date.

3. Meningkatkan Organic Traffic

Dengan mengidentifikasi kata kunci dan topik yang belum dimiliki oleh pesaing, kita dapat menciptakan konten yang dioptimalkan untuk pencarian organik. Konten yang dioptimalkan dapat membantu meningkatkan peringkat website dalam hasil pencarian, yang pada akhirnya dapat meningkatkan traffic organik dan brand awareness.

Jenis-Jenis Content Gap Analysis

Berikut adalah enam jenis content gap analysis yang umum dilakukan dalam strategi content marketing:

A. Analisis Kerelevanan

Jenis analisis ini mencakup peninjauan konten yang ada untuk menentukan tingkat kerelevanannya dengan kebutuhan dan minat audiens target. Gap content terjadi ketika konten tidak lagi sesuai atau relevan dengan topik atau isu terkini yang diminati oleh audiens.

B. Analisis Kelengkapan

Analisis ini fokus pada kelengkapan informasi yang disajikan dalam konten. Gap content terjadi ketika subtopik penting atau aspek terkait tidak tercakup dalam konten, atau kontennya terlalu minim dan kurang memberikan informasi yang berharga bagi pembaca.

C. Analisis Keterbacaan

Jenis analisis ini mengevaluasi seberapa mudah konten dapat dipahami dan dinikmati oleh pembaca. Ketika konten sulit dipahami, tidak terstruktur dengan baik, atau terlalu rumit, tandanya ada content gap yang dapat mengurangi kualitas pengalaman membaca.

D. Analisis Format

Analisis format melibatkan peninjauan format konten yang disajikan dan kesesuaiannya dengan preferensi dan harapan pengguna. Gap content akan terjadi ketika format konten tidak sesuai dengan harapan pengguna atau tidak mendukung tujuan komunikasi yang ingin dicapai.

E. Analisis Keahlian

Selanjutnya ada analisis keahlian yang mempertimbangkan tingkat keahlian dan otoritas sumber konten dalam topik tertentu. Gap content akan muncul jika ada konten yang tidak disusun atau tidak disampaikan oleh orang yang memiliki pengetahuan atau kredibilitas yang cukup dalam topik tersebut.

F. Analisis Pengalaman

Jenis analisis ini mempertimbangkan pengalaman pengguna dalam mengonsumsi konten. Gap contest terjadi ketika konten tidak menyediakan pengalaman yang memadai atau relevan bagi pengguna, seperti kurangnya interaktivitas atau kurangnya keterlibatan pengguna.

Proses Melakukan Content Gap Analysis

Proses melakukan Content Gap Analysis terdiri dari beberapa langkah yang penting untuk dipahami dan diikuti dengan tepat:

1. Identifikasi Tujuan dan Audiens Target

Langkah pertama adalah memahami dengan jelas tujuan dari content gap analysis dan siapa audiens target yang ingin kita targetkan. Hal ini membantu dalam menentukan fokus dan relevansi konten yang akan dibuat.

2. Identifikasi Situs Kompetitor Utama

Identifikasi situs-situs pesaing utama dalam industri atau niche yang sama. Analisis akan lebih efektif jika kita memilih beberapa pesaing yang memiliki kinerja konten yang kuat.

3. Pengumpulan Data dan Informasi

Gunakan alat analisis SEO seperti Ahrefs, SEMrush, atau alat lainnya untuk mengumpulkan data dan informasi terkait kata kunci, topik konten, dan performa konten pesaing. Data ini akan menjadi dasar untuk melakukan perbandingan dengan konten yang ada di situs kamu.

4. Bandingkan Konten kamu dengan Konten Pesaing

Analisis konten kamu dan konten pesaing untuk mengidentifikasi perbedaan dan kesenjangan yang ada. Perhatikan topik, kata kunci, kekompletan informasi, kualitas konten, dan elemen lainnya yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna.

5. Prioritaskan Gap Content

Setelah mengidentifikasi gap konten, prioritaskan area-area yang perlu diperbaiki atau diperkaya. Fokus pada aspek-aspek yang paling penting dan berpotensi memberikan dampak positif terbesar bagi strategi pemasaran konten kamu.

6. Buat Rencana Konten

Berdasarkan hasil gap content analysis, buatlah rencana konten yang detail dan terstruktur lengkap beserta konten pilar. Tentukan topik, jenis konten, kata kunci, dan strategi distribusi konten yang akan dilakukan untuk mengisi gap yang telah diidentifikasi.

7. Implementasi dan Monitoring

Implementasikan rencana konten yang telah dibuat dan pantau kinerjanya secara teratur. Lakukan pemantauan terhadap respons pengguna, perubahan dalam peringkat pencarian, dan keterlibatan dengan konten yang baru dibuat. Terakhir, ingatlah untuk selalu membuat konten yang berkualitas terus menerus.

Cara Melakukan Content Gap Analysis (Dengan Ahrefs dan SEMRush)

Setelah mengetahui pentingya content gap analysis, tentunya sekarang kamu penasaran bagaimana cara melakukannya bukan? Sebenarnya caranya cukup gampang kok.

Content Gap Analysis bisa kamu lakukan dengan tools bantuan seperti Ahrefs maupun SEMRush. Berikut panduan melakukannya sesuai dengan tools yang kamu pilih:

A. Dengan Ahrefs

  • Masuk ke akun Ahrefs dan masukkan URL website kamu.
  • Pilih opsi “Content Gap” di menu.
Image
  • Masukkan beberapa URL pesaing kamu.
  • Ahrefs akan menampilkan kata kunci yang dimiliki oleh pesaing kamu, namun tidak kamu miliki.
  • Analisis dan prioritaskan kata kunci yang relevan untuk dimasukkan ke dalam strategi konten kamu.

B. Dengan SEMrush

  • Masuk ke akun SEMrush dan pilih fitur “Organic Research”.
  • Masukkan domain kamu dan domain pesaing.
Image

Setelah melakukan langkah diatas, langkah berikutnya:

  • Scroll ke bagian “Main Organic Competitors” pada laporan.
  • Scroll ke bagian “Main Organic Competitors” pada laporan.
Image

Untuk melihat daftar lengkap kompetitor dan traffic penelusuran organik mereka, lakukan hal ini:

  • Klik “Lihat semua #competitors” dan gulir ke bawah ke bagian “Organic Competitors”.
Image
  • SEMrush akan menampilkan kata kunci yang dimiliki oleh pesaing kamu, namun tidak kamu miliki.
  • Analisis dan prioritaskan kata kunci yang sesuai dengan tujuan dan audiens kamu.

Sudahkah kamu Melakukan Content Gap Analysis?

Analisis content gap adalah langkah penting dalam strategi SEO yang efektif. Dengan memahami kebutuhan pengguna dan mengetahui kelemahan pesaing, kamu dapat mengembangkan konten yang lebih relevan dan meningkatkan visibilitas serta traffic website.

Kesulitan melakukan content gap analysis yang lebih akurat? Tidak perlu khawatir! Kamu bisa mendapat bantuan dari jasa SEO terpercaya seperti Whello. Dengan keahlian bertahun-tahun, Whello dapat membimbing dan mengoptimalkan strategi SEO yang tepat. Yuk konsultasikan kebutuhanmu dengan Whello!

Image

Frequently Asked Questions

Tidak, content gap analysis relevan untuk semua website, baik besar maupun kecil. Hal ini membantu memahami kebutuhan pengguna dan melampaui persaingan.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan