LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Perkembangan Bisnis Kamu

Yuda Pramudyatama

Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

View case

durasi baca : 32 menit

Apakah kamu sudah mempunyai akun instagram bisnis? Jika sudah, kamu bisa melihat fitur insight atau biasa dikenal dengan “Instagram Insight” melalui aplikasi instagram.

Image

Apa Itu Instagram Insight?

Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data followers kamu (misalnya jenis kelamin, usia, atau lokasi geografi).

Ada 3 menu yang terdapat pada Instagram Insight antara lain:

Image

A. Account Reach

Jumlah akun yang melihat konten postingan dari akun Instagram kamu.

B. Account Engaged

Jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan kamu, seperti like, comment, share, dan save postingan.

C. Total Follower

Pada menu ini kamu akan memperoleh data–data mengenai followers. Misalnya mengetahui jenis kelamin, usia, dan lokasi geografi mereka. Kamu juga dapat mengetahui kapan waktu (jam dan hari) dengan traffic tertinggi followers kamu mengakses akun Instagram.

Cara Menggunakan Instagram Insight

Untuk meningkatkan performa social media marketing melalui Instagram Insight, ada beberapa cara penggunaan instagram insight yang perlu kamu perhatikan:

A. Account Reach

Pada menu ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Jumlah Account Reached

Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang melihat postingan kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setalah kamu mengatur tempo hari yang kamu inginkan, kamu akan bisa melihat angka jangkauan atau reach yang akun Instragram kamu dapatkan pada rentang waktu tersebut.

Image

2. Reach Audiens

Pada reach audiens kini kamu dapat melihat jumlah audiens yang melihat postingan kamu berdasarkan Top Cities (kota followers), Top Country (negara followers), Top Age Range (berdasarkan umur followers), dan Gender (jenis kelamin followers) secara terperinci.

Image

3. Follower dan Non Followers

Di bagian ini kamu akan dapat melihat pembagian data dari jumlah akun followers dan non-followers yang melihat postingan kamu.

Image

4. Content Reach

Jumlah akun yang melihat reels, posts, stories, dan video yang kamu posting. Data yang disajikan juga ditampilkan berdasarkan akun yang menjadi followers dan non followers kamu juga lho.

Image

5. Top Posts based on Reach

Top posts ini menampilkan postingan post berdasarkan jumlah reach terbanyak.

Image

6. Top Stories based on Reach

Top stories ini menampilkan postingan story berdasarkan jumlah reach terbanyak.

Image

7. Top Reels based on Reach

Begitu juga dengan Top reels ditampilkan berdasarkan jumlah reach terbanyak.

Image

8. Impressions

Data yang menunjukkan berapa kali konten kamu ditampilkan dan dilihat oleh orang lain.

Image

9. Profile Activity

Melalui menu ini, kamu dapat mengetahui berapa kali profil bisnis kamu dikunjungi oleh orang lain. Mulai dari visit profile Instagramwebsite tapsemail taps, atau call button taps.

Image

B. Account Engaged

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan pada menu ini.

1. Jumlah Account Reached

Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang melakukan interaksi pada postingan kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setelah mengatur rentang waktu yang ingin kamu lihat, akan muncul kalkulasi angka interaksi yang terjadi pada akun Instagram bisnis kamu.

Image

2. Engaged Audience

Jumlah audiens yang melakukan interaksi pada postingan kamu juga ditampilkan berdasarkan Top Cities (kota followers), Top Country (negara followers), Top Age Range (berdasarkan umur followers), dan Gender (jenis kelamin followers) secara terperinci.

Image

3. Followers and non Followers

Jumlah akun follower dan non-followers yang melakukan interaksi pada postingan kamu kamu juga dikalkulasikan.

Image

4. Content Interactions

Data yang menunjukkan berapa kali pengguna melakukan interaksi pada konten yang kamu posting. Baik itu pada postingan posts, stories, reels, video, ataupun live video.

Image

5. Post Interactions

Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan posts kamu, mulai dari jumlah like, comment, dan save postingan.

Image

6. Top Posts based on likes

Top posts berdasarkan jumlah like terbanyak.

Image

7. Story Interactions

Data yang menunjukkan jumlah interaksi yang terjadi pada postingan stories kamu.

Image

8. Top Stories based on replies

Top stories berdasarkan jumlah replies terbanyak.

Image

9. Reels Interactions

Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan reels kamu, mulai dari jumlah like, comment, dan save postingan.

Image

10. Top Reels based on like

Top reels berdasarkan jumlah like terbanyak.

Image

11. Video Interactions

Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan video kamu, baik itu like, comment, atau save.

Image

12. Top Video based on interactions

Top video berdasarkan interaksi (like, comment, atau save).

Image

13. Live Video Interactions

Data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan video kamu, baik itu like, comment, share, atau request join to the live.

Image

14. Top Live Video base on comment

Top live video berdasarkan comment terbanyak.

Image

C. Total Followers

Pada menu ini, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Jumlah Followers

Disini kamu bisa melihat jumlah followers akun bisnis kamu berdasarkan jangka waktu tertentu. Misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya. Setelah mengatur rentang waktu, akan muncul jumlah total follower.

Image

2. Growth

Disini kamu bisa melihat jumlah akun yang follow dan unfollow akun Instagram kamu, serta melihat trafik jumlah followers.

Image

3. Top Locations

Mengetahui geografi (lokasi) tempat followers kamu berada, mulai dari kota dan negara.

Image

4. Age Range

Mengetahui rantang umur followers kamu, termasuk umur followers yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki.

Image

5. Gender

Mengetahui persentase gender (jenis kelamin) followers kamu.

Image

6. Most Active Times

Mengetahui kapan waktu followers kamu mengakses Instagram, di sini kamu dapat mengetahui jam dan harinya secara lengkap.

Image

Gunakan Instagram Insight Sekarang!

Dengan memanfaatkan Instagram Insight secara efektif, kamu dapat mengetahui kebiasaan follower kamu, kinerja konten, dan tren yang relevan dengan bisnis kamu. Terus pantau dan analisis data dari Instagram Insight agar bisnis kamu terus berkembang dan berhasil di platform Instagram.

Namun, jika kamu kesulitan melakukannya, kamu bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.

Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.

Image

Frequently Asked Questions

Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data followers kamu (misalnya jenis kelamin, usia, atau lokasi geografi).

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Yuda Pramudyatama

Digital Marketing Consultant

Hai, perkenalkan namaku Yuda, Digital Marketing Consultant di Whello Indonesia. Yuk bareng-bareng belajar digital marketing lebih dalam!

Lees meer over Yuda