LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Cara Gunakan Google Trends untuk Riset Content Marketing

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 9 menit

Google Trends merupakan tools yang disediakan oleh Google untuk menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan. Misalnya topik mengenai dunia politik, digital marketing, teknologi, atau kuliner. Tools ini sangat dibutuhkan ketika kamu melakukan content marketing.

Google trends dapat digunakan secara gratis. Tools ini juga dapat memberikan informasi tentang apa saja yang orang cari di mesin pencarian Google. Tools ini juga sangat mudah digunakan oleh pengguna yang masih awam, namun jika masih kesulitan kamu bisa menggunakan Jasa SEO dari Whello agar kamu bisa fokus pada bisnis kamu dan Whello yang mengoptimasi SEO website kamu.

Cara Menggunakan Google Trends

1. Membuka Tools Google Trend

Untuk membuka Google trends, kamu harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Kemudian kamu tinggal membuka halaman Google Trends.

Pada halaman pertama Google Trends, kamu bisa melihat beberapa topik yang sedang tren di dunia atau topik yang sedang tren di negara kamu, misalnya Indonesia. Caranya klik “icon Sidenav ( ⇶ )”, kemudian pilih “Trending Searches”.

Berikut contoh topik yang sedang tren di dunia:

Image

Dan contoh topik yang sedang tren di Indonesia:

Image

2. Mengetahui Tren Suatu Topik

Dengan Google Trends, kamu bisa mengetahui topik yang sedang ramai dibicarakan atau sedang tren di suatu wilayah. Caranya tinggal masukkan topik yang akan kamu gunakan pada kolom “Enter a search term or a topic” di halaman pertama Google Trends.

Image

Misalnya saya menggunakan topik “digital marketing”. Maka Google Trends akan menampilkan informasi yang cukup lengkap mengenai topik digital marketing yang sedang tren.

Kamu juga bisa melihat hasilnya berdasarkan negara, waktu, kategori (finance,games, atau food), dan jenis penelusuran (web search, news search, Google Shopping, Youtube Search).

Pada bagian pertama, ada grafik tren untuk topik “digital marketing” selama satu tahun terakhir.

Berikut contohnya seperti gambar dibawah ini:

Image

Bagian kedua kamu bisa melihat tren topik digital marketing di beberapa daerah di Indonesia.

Lihat pada gambar berikut ini:

Image

Pada bagian ketiga kamu bisa melihat beberapa topik yang berhubungan dengan topik digital marketing (Related Topic) dan saran kata kunci (Related Queries) yang terkait.

Berikut pada gambar dibawah:

Image

3. Menggunakan Opsi Pencarian Youtube

Melalui Google Trends, kamu juga bisa mengetahui topik apa saja yang sedang tren dan banyak dicari orang di Youtube.

Caranya lakukan pencarian topik berdasarkan jenis penelusuran “Youtube Search”. Misalnya saya menggunakan topik mengenai “Digital Marketing”.

Berikut pada contoh gambar di bawah:

Image

Ketika kamu sudah memilih jenis penelusuran “Youtube Search”, Google Trends akan menampilkan data pencarian di Youtube.

Google trends juga akan menampilkan grafik tren hasil pencarian, tren topik di beberapa daerah mengenai “digital marketing”, dan beberapa topik serta keyword yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Lihat hasilnya pada gambar di bawah ini:

Image

Itulah 3 cara menggunakan Google Trends, dengan 3 cara di atas kamu bisa mencari topik yang sedang tren baik di web browser maupun youtube. Jika ada yang membuat kamu bingung atau sesuatu hal yang ingin kamu tanyakan, tinggal komen di kolom komentar di bawah.

Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan