LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Call To Action: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tips Membuatnya

Sylvia Paramitha

Sylvia Paramitha

Copywriter

View case

durasi baca : 2 menit

Dalam dunia marketing, salah satu teknik yang cukup sering digunakan adalah call to action. Hal ini akan sering kamu temui terutama pada dunia digital marketing, salah satunya ketika menggunakan website.

Bisa dibilang CTA merupakan elemen yang cukup penting dalam sebuah website yang tujuannya untuk melakukan penjualan. Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan call to action? Apa saja manfaatnya?

Pengertian Call to Action

Secara singkat, call to action atau yang sering disebut dengan CTA merupakan sebuah cara yang digunakan penjual dengan tujuan agar konsumen melakukan apa yang mereka inginkan.

Pada penggunaanya, CTA ini sendiri bisa berupa gambar, tulisan, atau ucapan yang nantinya bisa mendorong calon konsumen untuk melakukan action. Action yang dimaksud sendiri bisa beragam, contohnya:

  • Baca artikel lebih lanjut
  • Beli sekarang
  • Download di sini
  • Gunakan jasa
  • Berlangganan

Karena sangat penting, penempatan CTA dalam sebuah website perlu diperhatikan dengan sangat baik. Bahkan, kata-kata yang ada dalam CTA tersebut juga perlu dibuat semenarik mungkin.

Manfaat dari Call to Action

Pada penggunaanya sendiri, call to action ini memiliki beberapa manfaat, seperti:

1. Menyederhanakan User Journey

Hal pertama yang menjadi manfaat dari call to action adalah bisa menyederhanakan user journey. Dengan adanya CTA, maka user bisa lebih cepat untuk memutuskan apa yang mereka inginkan.

CTA ini sendiri bisa bertindak sebagai panduan untuk user ketika ingin melakukan action. Cara ini juga untuk menghindari user yang bingung harus melakukan apa ketika mereka tertarik dengan suatu iklan.

2. Menurunkan Angka Bounce Rate

Masih berkaitan dengan user journey, ketika user bingung, maka besar kemungkinan mereka akan langsung meninggalkan halaman website tersebut. Inilah yang menjadi penyebab angka bounce rate yang tinggi.

Angka bounce rate yang tinggi tentu saja tidak baik untuk sebuah website. Untuk menurunkan hal tersebut, maka penggunaan CTA yang baik bisa menjadi salah satu solusinya.

3. Menambah Value Konten

Ketika kamu yakin dengan konten yang dibuat, maka penggunaan call to action bisa menjadi salah satu cara untuk menambah value dari konten tersebut. Bisa dibilang, CTA merupakan salah satu cara untuk lebih meyakinkan calon konsumen.

4. Meningkatkan Konversi

Ketika semakin banyak calon konsumen yang menjadi konsumen, maka tentu saja hal tersebut akan menjadi sangat baik untuk langkah marketing yang dibuat. CTA bisa membantumu untuk mewujudkan hal tersebut.

Dengan penggunaan CTA yang baik, maka hal tersebut bisa membantumu untuk meningkatkan konversi marketing. Semakin tinggi konversi, maka semakin banyak juga leadscustomer, dan prospect yang bisa kamu dapatkan.

Jenis-Jenis Call to Action

Pada perkembangannya, penggunaan CTA ini sendiri semakin beragam. Hal ini juga membuat semakin banyak jenis call to action yang biasa digunakan saat ini. Beberapa contoh dari jenis CTA tersebut, antara lain:

1. Lead Generation

Lead sendiri merupakan sekelompok orang yang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan. Hal itu dibuktikan dengan kemauan mereka untuk mengisi data yang dibutuhkan, misal no handphone, email, atau lainnya.

Salah satu call to action yang bertujuan untuk mendapatkan hal ini adalah penggunaan tombol SIGN UP. CTA jenis ini bisa kamu gunakan ketika ingin menawarkan sebuah produk.

2. Formulir

Masih berkaitan dengan mendapatkan leads, CTA jenis lainnya yang bisa kamu gunakan adalah tombol pengisian formulir. Jenis ini tidak jauh berbeda dengan lead generation, hanya saja data yang diisi bisa lebih lengkap.

3. Read More

Jenis CTA lainnya yang juga banyak digunakan adalah tombol Read More. Jenis ini akan banyak kamu temukan pada website yang kontennya artikel. Biasanya, website hanya akan menampilkan cuplikan dari keseluruhan isi artikel.

Jika user tertarik, maka mereka harus mengklik tombol read more untuk membaca lebih lengkap. Jenis call to action satu ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah traffic pada halaman website tersebut.

4. Product Offering

Pernah melihat CTA dengan tulisan Buy Now atau Download Now? Itu merupakan salah satu jenis CTA dari product offering. Tujuan dari CTA ini jelas menawarkan produk yang mereka jual.

5. Social Sharing

Jenis CTA lainya adalah social sharing. Jenis ini berkembang seiring dengan perkembangan social media yang semakin pesat. Tujuan dari CTA ini sendiri adalah membagikan konten yang menarik ke social media, agar lebih banyak orang yang melihat konten menarik tersebut.

Salah satu contoh dari penggunaan call to action ini adalah Share Now. Biasanya, CTA ini juga akan dilengkapi dengan logo dari social media yang akan kamu gunakan untuk melakukan sharing.

6. Lead Nurturing

Lead nurturing sendiri merupakan sekelompok lead yang belum melakukan action lebih lanjut. Misalkan, belum membeli. Biasanya lead ini masih belum yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

Salah satu CTA yang merupakan jenis ini contohnya Use Free Trial. Cara ini bertujuan agar konsumen bisa mencoba terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli.

7. Promosi Acara

Jenis CTA lainnya yang juga sering digunakan bertujuan untuk melakukan promosi acara. Hal ini biasa digunakan untuk mengajak lebih banyak orang bergabung dengan acara tersebut.

Contoh dari CTA jenis ini misalnya adalah Join atau Save the Date. Cara ini juga biasanya akan digabung dengan pengisian formulir untuk mereka yang tertarik dengan acara tersebut.

Tips Membuat CTA yang Baik

Dengan manfaat yang sangat besar, maka penggunaan call to action tentu saja tidak bisa kamu buat dengan asal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat CTA:

1. Gunakan Kata yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan pemilihan kata. Dalam hal ini, maka pilihlah untuk menggunakan kata ajakan dan perintah yang kuat. Gunakan kata yang singkat dan jelas.

2. Perhatikan Tata Letak

Pastikan juga CTA yang kamu buat terletak pada tempat yang mudah terlihat. Hal ini untuk memastikan calon konsumen bisa menemukan call to action tersebut dengan mudah dan cepat.

3. Orientasi Manfaat

Pastikan CTA yang kamu buat juga memberikan manfaat untuk konsumen. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan konsumen mau melakukan aksi yang kamu minta lewat CTA tersebut.

Seberapa Penting CTA untuk Website?

Dalam bentuk lain, penggunaan CTA ini juga akan berpengaruh dengan SEO sebuah website. Artinya, semakin baik call to action dalam website tersebut, maka hal tersebut juga bisa membantu website untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.

Jika kamu butuh jasa SEO lebih lanjut, maka kamu juga bisa menggunakan jasa dari Whello. Dengan SEO yang lebih baik, hal itu juga bisa membantu meningkatkan goals dari bisnismu.

Image

Frequently Asked Questions

Call to action atau CTA merupakan sebuah langkah yang digunakan oleh penjual dengan tujuan agar calon konsumen melakukan action yang mereka inginkan, bisa berupa gambar, tulisan, atau ucapan.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Sylvia Paramitha

Copywriter

Hai! Kenalin aku Sylvia Paramitha, copywriter alias orang dibalik kata-kata kreatif di Whello Indonesia. Yuk kenalan!

Lees meer over Sylvia