LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Jenis Banner Ads Google untuk Memasang Iklan Kamu

Giras Utomo

Giras Utomo

SEA Specialist

View case

durasi baca : 2 menit

Banner Ads merupakan salah satu bentuk iklan digital yang populer digunakan oleh banyak perusahaan dan pengiklan. Dalam periklanan online, Google menyediakan berbagai jenis banner ads yang dapat digunakan untuk memasang iklan kamu.

Melalui platform Google Ads, kamu dapat memilih dan menyesuaikan jenis banner ads sesuai dengan kebutuhan kampanye iklan kamu.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari beberapa jenis banner ads yang disediakan oleh Google, serta manfaat dan cara penggunaannya. Dengan memahami jenis-jenis banner ads ini, kamu dapat mengoptimalkan strategi periklanan online kamu dan meningkatkan efektivitas iklan yang kamu pasang di platform Google.

Apa Itu Banner Ads Google?

Google Ads adalah media layanan iklan digital yang pengelolaannya berada pada naungan Google LLC. Jenis iklan ini merupakan iklan digital yang penggunaanya semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi yang ada.

Google Ads sendiri memiliki sistem yang terintegrasi dengan berbagai website. Sehingga, nantinya iklan yang kamu ajukan akan muncul pada berbagai website yang berkaitan dengan iklan tersebut. Tentu saja, hal ini akan sangat membantu kamu untuk melakukan berbagai macam kegiatan promosi.

Tak hanya itu, biaya menggunakan jasa Google Ads juga tidak tergolong mahal, kamu bisa menyesuaikan keperluan iklan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Semakin besar jangkauan, besar ukuran gambar, dan sering penayangan banner ads, maka biaya akan lebih mahal.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Google Ads

Setelah mengetahui apa itu banner ads, kini saatnya kamu mengetahui manfaat dan keuntungan menggunakan Google Ads, berikut beberapa diantaranya:

  • Menggunakan layanan Google Ads dapat membantu meningkatkan penjualan produk kamu. Kemungkinan omzet penjualan jika menggunakan layanan Google Ads bisa mencapai dua kali lipat.
  • Layanan Google Ads juga dapat membantu kamu untuk membangun brand awareness pada suatu produk yang baru muncul. Dengan menggunakan Google Ads, produk kamu akan dapat cepat dikenal.
  • Google Ads merupakan layanan iklan yang mudah dan praktis. Layanan iklan ini bisa kamu kendalikan dari jarak jauh.
  • Menggunakan Google Ads juga dapat memotong budget iklan yang kamu miliki. Ini karena Google Ads merupakan layanan iklan yang tergolong murah.

Jenis dan Ukuran Banner Ads Google

Jika ingin menggunakan layanan Google ini, kamu tentu harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dulu. Karena Banner Ads memiliki beberapa jenis dan ukuran berbeda. Berikut adalah beberapa jenis dan ukuranya yang wajib kamu ketahui:

1. Banner

Iklan dalam bentuk banner merupakan salah satu yang paling sering digunakan. Jenis ini akan muncul ketika kamu membuka halaman sebuah website. Ukurannya adalah 468 x 60.

Meskipun menjadi salah satu iklan paling populer dalam 20 tahun terakhir, nyatanya kinerja iklan banner sedikit menurun. Karena tergantikan dengan leaderboard banner.

2. Leaderboard Banner

Jenis leaderboard banner ini merupakan salah satu iklan paling favorite, efektif, dan banyak digunakan. Performa yang tinggi akan terlihat ketika kamu membuka halaman website. Kamu dapat memilih letak dan posisi leaderboard, yaitu di bagian atas, bagian tengah, atau bagian bawah website. Ukurannya adalah 728 x 90.

3. Large Leaderboard

Large leaderboard merupakan salah satu jenis banner ads yang memiliki ukuran besar dan diperluas. Umumnya, banner ini terletak pada bagian atas dan bawah dari sebuah website. Ukurannya adalah 970 x 90.

Jenis iklan ini biasanya banyak digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk yang baru saja launching. Hal tersebut terjadi karena large leaderboard cukup menyita banyak perhatian audiens. Sehingga, potensi kunjungan iklan akan meningkat lebih signifikan.

4. Square

Iklan berukuran persegi 250 x 250 ini bisa kamu buat dalam bentuk teks maupun banner gambar. Namun, jenis ini hanya bisa ditampilkan melalui telepon seluler. Meskipun cukup sederhana dan praktis, iklan ini kurang memiliki banyak peminat karena kinerjanya yang kurang maksimal.

5. Small Square

Small square merupakan jenis layanan iklan square yang diperkecil. Ukurannya adalah 200 x 200. Kamu dapat meletakkan iklan berupa teks maupun gambar pada layanan ini.

Iklan small square dapat ditampilkan melalui desktop maupun selular. Namun, karena ukurannya yang terlalu kecil seringkali gambar iklan menjadi terpotong.

6. Medium Rectangle

Banner ads jenis medium rectangle juga menjadi salah satu iklan favorit di kalangan masyarakat. Ukurannya adalah 300 x 250. Ikan jenis ini umumnya berada pada bagian tengah halaman yang berguna untuk memecah teks yang terlalu panjang. Jika kamu ingin menampilkan iklan pemutaran video otomatis, jenis medium rectangle cocok sebagai pilihan.

7. Large Rectangle

Iklan jenis large rectangle sebenarnya sama saja dengan medium rectangle, hanya memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 336 x 280. Iklan ini juga banyak digunakan dan sangat cocok untuk berbagai keperluan kampanye. Namun, penggunaan iklan satu ini masih kalah populer dengan medium rectangle.

8. Skyscraper

Jenis skyscraper merupakan iklan dengan tampilan memanjang. Ukurannya adalah 120 x 600. Iklan ini memiliki keuntungan, karena meskipun audiens sedang melakukan scroll pada website, iklan tetap akan ada.

9. Wide Skyscraper

Iklan wide skyscraper merupakan jenis skyscraper banner ads versi lebih luas. Kemungkinan tayang dan mendapatkan klik dari audiens juga lebih tinggi dibandingkan dengan skyscraper biasa. Ukurannya adalah 160 x 600.

Iklan ini biasanya ada pada bagian atas website, hampir menyerupai iklan jenis banner. Bedanya, iklan ini bisa tetap ada walaupun audiens melakukan scroll.

10. Large Skyscraper

Jenis large skyscraper ini merupakan iklan yang tergolong sangat besar, karena ukurannya bisa hampir memenuhi setengah halaman. Ukuran foto yang ada bisa mencapai 180.000 pixels. Karena ukurannya yang sangat besar ini, yaitu 300 x 600. Maka, large skyscraper dapat dengan mudah menarik perhatian.

Namun, selain menarik perhatian ada resiko lain, yaitu dapat mengganggu aktivitas audiens dalam menjelajah internet. Jadi, kemungkinan audiens malah akan menutupnya alih-alih tertarik untuk melakukan klik dan mengunjungi iklan terkait.

Tertarik untuk Menggunakan Layanan Banner Ads Google?

Itulah ulasan mengenai Banner Ads Google dan beberapa jenisnya. Jangan khawatir jika masih bingung bagaimana cara menentukan yang terbaik. Karena saat ini tersedia layanan jasa iklan Google dari Whello.

Whello sendiri merupakan full service digital marketing agency berpengalaman yang telah memiliki dua cabang di Indonesia. Melalui Whello yang sudah berpengalaman selama 7 tahun, kamu dapat mendapatkan semua kebutuhan periklanan secara rinci. Hubungi kontak Whello untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Image

Frequently Asked Questions

Banner termasuk salah satu jenis layanan iklan gambar dengan menggunakan format jpg. gif. png. atau snw.

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Giras Utomo

SEA Specialist

Kenalin aku Giras Utomo, SEA Specialist di Whello yang jago banget nyusun strategi iklan biar bisnis klien bisa tumbuh maksimal. Yuk belajar iklan!

Lees meer over Giras