LinkedIn
WhatsApp
Microsoft Teams

Apa itu Backlink?

Ridwan Saleh Fadillah

Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

View case

durasi baca : 3 menit

Untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian Google diperlukan berbagai strategi SEO yang bisa dilakukan. Selain membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat, banyak juga yang melakukan Backlink.

Backlink menjadi salah satu hal penting buat sebuah website, karena backlink dapat memberitahu Google bahwa konten pada sebuah website merupakan konten yang berkualitas dan relevan. Jika banyak situs yang memberikan tautan link, Google akan menampilkan website tersebut pada halaman pertama mesin pencari.

Bisa dikatakan, backlink memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog kamu, baik dalam hal posisi website di mesin pencari maupun dalam meningkatkan trafik website.

Dibawah ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Backlink.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah link yang dipasang pada sebuah website atau blog yang mengarah ke website atau blog kamu. Misalnya, website A adalah website kamu, sedangkan website B adalah website orang lain. Kemudian website B memberikan tautan pada salah satu halaman pada website A.

Pada proses backlink terdapat pemberi dan penerima backlink. Kamu adalah pemberi backlink ketika meletakkan link pada website atau blog orang lain di website kamu. Sedangkan penerima backlink adalah website atau blog yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Semakin banyak link website lain yang mengarah ke website kamu, itu artinya website kamu semakin berkualitas.

Istilah Penting Dalam Backlink

Berikut 7 istilah-istilah yang erat kaitannya dengan backlink.

A. Anchor Text

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk meletakkan link pada sebuah backlink. Buatlah anchor text yang sesuai dengan kata kunci (keyword) yang kamu targetkan. Misalnya kamu menargetkan website kamu dengan kata kunci “jual baju murah” maka gunakanlah kata-kata tersebut pada anchor text pada backlink website kamu.

B. Link Juice

Link juice adalah backlink yang berkualitas. Ketika website lain melakukan backlink pada website kamu, link juice dapat membantu meningkatkan peringkat website, serta meningkatkan otoritas domain.

C. No Follow Link

Ketika sebuah website memberikan link pada website lain, tetapi link tersebut memiliki tag “no follow link”, Google tidak akan mengindeks (crawling) link tersebut sebagai backlink.

D. Do Follow Link

Kebalikan dari no follow link, Google akan mengindex sebuah link pada sebuah website yang mengarah ke website lain. Dan link tersebut juga bisa dikatakan sebagai backlink.

E. Internal Link

Internal link adalah link yang terdapat pada sebuah halaman website yang mengarah ke halaman lain dalam website (domain) yang sama.

F. Linking Root Domain

Link yang mengacu pada jumlah backlink yang mengarah ke website kamu. Jika sebuah website telah dikaitkan dengan website kamu sebanyak sepuluh kali, maka link tersebut dianggap sebagai link dari satu root domain.

G. Low Quality Link

Low quality link adalah backlink yang tidak berkualitas, misalnya link dari situs spam atau situs yang memiliki nilai asusila (situs porno misalnya).

Manfaat Backlink Untuk Website

Ada 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya backlink yang mengarah ke website kamu.

1. Menjaga Reputasi Website

Ketika seorang user melakukan pencarian pada mesin pencari, mereka akan memasukkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya Google akan menampilkan hasil pencarian pada halaman-halaman website yang populer.

Nah bagaimana cara Google menilai sebuah website dikatakan populer atau tidak? Salah satunya caranya yaitu melihat backlink pada setiap website. Semakin banyak link yang mengarah pada suatu website, semakin baik pula reputasi website tersebut di penilaian Google.

2. Meningkatkan Kredibilitas Website

Selain meningkatkan reputasi, Google juga akan menilai backlink di website kamu berdasarkan relevansinya. Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche website yang relevan.

Misalnya sebuah perusahaan kuliner memiliki backlink relevan ketika mendapatkan backlink dari website atau blog yang memiliki niche website makanan atau minuman. Dengan begitu, website kuliner tersebut dianggap kredibel oleh Google.

Namun apa jadinya jika website fashion mendapatkan backlink dari website smartphone. Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas website tersebut.

3. Google Menemukan Website Melalui Backlink

Saat melakukan crawling, Google akan lebih memprioritaskan website yang memiliki banyak backlink untuk ditampilkan pada halaman pencarian. Semakin banyak backlink yang kamu dapatkan, semakin mudah pula Google menemukan halaman website kamu.

Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kualitas backlink. Jangan sembarangan mencari backlink. Karena backlink yang tidak berkualitas bisa merugikan website kamu, terutama pada kualitas SEO.

Baca Juga: Apakah Backlink Masih Relevan di Era AI dan Di Tahun 2025?

4. Meningkatkan Trafik Website

Backlink juga membantu meningkatkan jumlah trafik (pengunjung) yang datang ke website kamu. Terlebih jika website yang memberikan backlink tersebut sudah memiliki reputasi yang bagus di Google dan memiliki banyak trafik.

Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink juga akan mengarah ke website kamu.

5. Menciptakan Relationship

Manfaat selanjutnya yaitu menciptakan relationship (hubungan) dengan banyak pihak lain. Hal ini biasanya berawal dari mereka yang mulai bergabung dengan newsletter kamu atau melakukan beberapa aksi di website.

Bisa saja nantinya mereka menjadi partner bisnis atau bahkan calon konsumen kamu. Website atau bisnis kamu akan semakin dikenal oleh banyak orang kan?

6. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pengguna jasa SEO adalah brand awareness. Dengan seringnya audience membaca website kita, hal itu akan meningkatkan brand awareness walaupun audience ini tidak langsung melakukan pembelian.

Backlink juga membantu meningkatkan brand awareness pada bisnis kamu. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek (brand), seperti nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh sebuah brand.

Semakin banyak orang yang melakukan backlink terhadap website kamu, semakin banyak pula yang mengingat bisnis kamu.

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Saat melakukan backlink, tentu kamu tidak sembarangan membuat tautan ke website lain. Karena Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas agar tidak merugikan masing-masing website.

Ada 6 kriteria backlink yang berkualitas beserta contoh:

1. Terindeks Google

Kriteria yang paling penting yaitu website yang terindeks Google. Kamu harus membuat backlink pada website yang sudah terindeks Google, karena jika tidak backlink kamu akan menjadi suatu hal yang sia-sia.

Cara mudah untuk mengecek sebuah website sudah terindeks Google atau belum, cukup ketikan “site:namawebsite.com”. Jika Google menampilkan beberapa halaman website, itu artinya website tersebut sudah terindeks Google.

Contoh website yang tidak di indeks Google:

Image

Contoh website yang sudah di indeks Google:

Image
Image

Suka Artikel Ini?

Baca juga artikel lainnya

Cari Artikel

Layanan Whello

  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa SEO
  • Google Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Copywriting
  • Jasa Pembuatan Aplikasi

Subscribe Newsletter Whello Gratis

Dapatkan promo eksklusif dan konten menarik langsung di emailmu.

Image

Over Ridwan Saleh Fadillah

SEO Specialist

Kenalin aku Ridwan Saleh Fadillah, SEO Specialist Whello, yang tugas sehari-harinya adalah analisa, optimasi, dan menaikkan visibilitas website klien.

Lees meer over Ridwan